Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Kasad : TMMD Perbaikan Infrastruktur Tersebar di 50 Kabupaten/Kota

×

Kasad : TMMD Perbaikan Infrastruktur Tersebar di 50 Kabupaten/Kota

Sebarkan artikel ini
MENUTUP - Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat menutup ke-120 TA 2024 di Kodim 1022/Tanah Bumbu Korem 101/Antasari di lapangan Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (7/6). (Ist)

Batulicin, KP – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ke-120, bagian dari program lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait.

Serta melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk percepatan pembangunan

Ini bertema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

“Program ini bertujuan membantu percepatan pembangunan di daerah 3T (Tertinggal, Terisolir dan Terluar).

Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ucap Kasad, saat menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 TA 2024 di Kodim 1022/Tanah Bumbu Korem 101/Antasari di lapangan Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang Kabupaten. Tanah Bumbu, Jum’at (7/6).

Menurut Kasad, pada TMMD ke-120 TA 2024 telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Sasaran fisik seperti pembukaan jalan baru, peningkatan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan tanggul/talud, pemasangan gorong-gorong, pembuatan Pos Kamling.

Pembuatan sarana olahraga, rehab tempat ibadah (Masjid, Gereja, Pura), Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)/MCK, pembuatan sumur bor, rehab sekolah dan Posyandu.

Kasad menjelaskan, selain melaksanakan sasaran fisik, juga melaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat meliputi Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, pertanian, peternakan, Kamtibmas, bahaya Narkoba, radikalisme dan pembersihan lingkungan.

“Yang tak kalah pentingnya setiap Satgas TMMD melaksanakan program unggulan berupa TNI Manunggal Air Bersih (pembangunan sumur bor/pipanisasi), ketahanan pangan dan juga penanaman pohon yang kesemuanya untuk mendukung program pemerintah,” tegasnya.

TMMD ke-120 di wilayah Korem 101/Antasari dimulai sejak tanggal 8 Mei 2024, yang di gelar di Kodim 1001/HSU dan Kodim 1022/Tanah Bumbu.

Baca Juga:  Warga Komplek Bumi Wahyu Utama 9 Lakukan Penyemprotan Disinfektan secara Mandiri

Selanjutnya secara serentak ditutup pada 7 Juni 2024.

Tak hanya penutupan TMMD, Kasad juga memberikan paket Sembako kepada masyarakat, pemberian bantuan tas sekolah kepada siswa/siswi Disabilitas, pemberian kunci Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), meninjau stand UMKM dan Baksos serta peresmian Titik TNI Manunggal Air Bersih (TMAB).

Hadir dalam kegiatan, Pangdam Vl/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Gubernur Kalsel yang diwakili Staf Ahli, Asintel Kasad, Aspers Kasad, Aster Kasad, Wakapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari serta Kadispenad.

Juga tampak, Kabinda Kalsel, Kasrem 101/Antasari, Bupati Tanah Bumbu, Dandim 1022/Tanah Bumbu dan para SKPD Prov. Kalsel. (*/K-2)

Iklan
Iklan