Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Pena Berkah, Inovasi Digital Menuju Kalteng Makin Berkah

×

Pena Berkah, Inovasi Digital Menuju Kalteng Makin Berkah

Sebarkan artikel ini
-Disosialisasikan Pena Berkah. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah (Kalteng) Muhammad Reza Prabowo memaparkan tentang pentingnya platform digital Pena Berkah pada kegiatan Sosialisasi Regional I dan II Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual, Senin malam (3/6/2024).

Dalam pemaparannya, Reza Prabowo menekankan Pena Berkah diharapkan mampu menyaring informasi terkait dunia pendidikan di Kalimantan Tengah, khususnya pada tingkat SMA, SMK, dan SLB.

“Alhamdulillah, dengan adanya Pena Berkah, masyarakat dan para stakeholder di Kalteng akan lebih mudah mengetahui kondisi sekolah, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, tenaga pendidik, serta siswa-siswi,” ujarnya.

Platform Pena Berkah, lanjut Reza Prabowo, tidak hanya meningkatkan transparansi informasi pendidikan tetapi juga membuka peluang bagi berbagai pihak untuk turut serta memajukan pendidikan di Kalteng.

“Dinas pendidikan tidak bisa bekerja sendiri. Kita memerlukan bantuan semua pihak dengan berkontribusi rutin memperbarui data setiap bulan. Ini bukan sekadar himbauan, tetapi instruksi,” tegasnya.

Ia meminta Kepala Sekolah untuk mengoptimalkan peran operator dalam pengisian data di platform ini.

“Pena Berkah merupakan bentuk upaya Dinas Pendidikan dalam mewujudkan visi dan misi Gubernur Kalteng, untuk memajukan pendidikan di Kalteng menuju pendidikan yang makin berkah,” katanya.

Selain itu, Reza Prabowo berharap sekolah-sekolah yang berada di sekitar kawasan perkebunan kelapa sawit dan perusahaan lainnya bisa mendapatkan bantuan apabila kondisinya memprihatinkan,tambahnya.

Dengan adanya Pena Berkah, bisa memantau dan memberikan bantuan lebih tepat sasaran.

Pena Berkah merupakan salah satu Program Strategis Dinas Pendidikan Kalteng, dan telah diuji aksesnya oleh 401 operator sekolah dan menggunakan domain resmi yang telah mendapat izin dari Diskominfo.

Platform ini menyajikan empat entitas utama data pendidikan yaitu sekolah, sarana dan prasarana, guru, dan siswa.

Baca Juga:  447 Desa di Kalteng Belum Berlistrik

Sistem ini dirancang untuk membantu pemantauan pembangunan di bidang pendidikan dan mendukung pengambilan keputusan guna perencanaan pembangunan ke depan.

Melalui Pena Berkah, diharapkan informasi pendidikan di Kalimantan Tengah dapat diakses dengan mudah dan akurat, “serta mendorong kerja sama berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut,” sebutnya. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan