Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Shin Tae-yong Sebut Peringkat Hanya Angka, Indonesia Tak Gentar Hadapi Irak

×

Shin Tae-yong Sebut Peringkat Hanya Angka, Indonesia Tak Gentar Hadapi Irak

Sebarkan artikel ini
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Tim nasional Irak seolah menjadi momok bagi Indonesia. Dalam dua pertemuan terakhir melawan Irak, Indonesia dipecundangi 1-5 dari Irak pada pertemuan pertama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026, dan takluk 1-3 pada fase grup Piala Asia 2023.

Pada daftar peringkat FIFA, Irak yang berada di posisi ke-58 juga unggul jauh atas tim Indonesia. Indonesia saat ini hanya menempati peringkat ke-134.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemain asuhannya untuk dapat menikmati pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB.

“Sekarang para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka,” kata Pelatih Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan menilai hasil pertemuan melawan Irak bisa berbeda, seandainya pertandingan dipimpin dengan baik oleh wasit.

“Ketika ketemu Irak lagi di Piala Asia, waktu itu skornya 1-1, setelah itu Irak mencetak gol, saya masih berpikir itu adalah offside. Dan itu jika diputuskan offside dari wasit, kita tahu hasil kemarin seperti apa,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Selisih posisi di daftar peringkat FIFA itu ditegaskan pelatih Shin Tae-yong sama sekali tidak membuat ia dan pasukannya merasa rendah diri.

“Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat,” tuturnya.

Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan koleksi tujuh poin, atau tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen, Irak. Tim Garuda hanya memerlukan satu kemenangan dari dua laga tersisa untuk dapat mengamankan tiket ke putaran ketiga.

Baca Juga:  Gugup Namun Tetap Waspadai Lawan

Setelah bertanding melawan Irak, timnas Indonesia akan memainkan laga terakhir fase grup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada Selasa (11/6) mendatang. (Ant/ful/KPO-3)

Iklan
Iklan