Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Balangan

Tingkatkan Pengelolaan Rumah DataKu Sebagai Pusat Data

×

Tingkatkan Pengelolaan Rumah DataKu Sebagai Pusat Data

Sebarkan artikel ini
ORIENTASI - Pengelolaan Rumah DataKu tingkat Kabupaten Balangan 2024. (KP/Ist)

Balangan, KP – Pemerintah daerah kabupaten Balangan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3A P2KB PMD) Balangan, melaksakanan orientasi Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu) tingkat kabupaten, di Aula Temenggung Jalil Inspektorat Balangan, baru-baru tadi.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para kader dan stakeholder terkait dalam pengelolaan Rumah DataKu.

“Dalam orientasi pengelolaan Rumah DataKu diharapkan pengurus Rumah DataKu bisa benar-benar memanfaatkan kegiatan ini melalui praktik pengolahan data pada aplikasi,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Balangan, Munisih

Adapun narasumber dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Sopyan menyampaikan Rumah DataKu merupakan salah satu amanat pelaksanaan UU Nomor 52 Tahun 2009 serta Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi kampung KB.

Dia menyebut, Rumah DataKu sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro, memiliki peran krusial dalam menyediakan data yang akurat dan terpercaya untuk mendukung berbagai kegiatan pembangunan di tingkat desa.

“Di mana nanti untuk mewujudkan kampung KB diperlukan bagaimana pengelolaan atau ketersediaan data yang akurat dan update yang ada di tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sopyan secara kuantitas Kabupaten Balangan termasuk dalam tiga besar terbaik pengelolaan Rumah Dataku tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, yang diharapkan kinerja itu dapat selalu ditingkatkan. (rel/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Salat Idul Adha di Balangan Boleh Asal Zona Kuning
Iklan