Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Amerika Serikat Tersingkir, Panama Dampingi Uruguay ke Perempatfinal Copa America 2024

×

Amerika Serikat Tersingkir, Panama Dampingi Uruguay ke Perempatfinal Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain Uruguay Mathias Olivera merayakan golnya bersama rekan-rekan setim, saat melawan Amerika Serikat (AS) dalam pertandingan terakhir Grup C Copa America 2024 di Stadion Arrowhead, AS, Selasa (2/7/2024) WIB. (Antara/AFP)

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Tuan rumah Amerika Serikat gagal melaju ke perempatfinal Copa America 2024 usai ditumbangkan Uruguay 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup C di Stadion Arrowhead, AS, Selasa (2/7/2024) WIB.

Gol tunggal Uruguay dicetak bek kiri, Mathias Olivera, melalui sepakan pelan hasil dari bola muntah tandukan Manuel Ugarte pada menit ke-66.

Kemenangan itu, Uruguay menjadi juara Grup C dengan poin 9 dari tiga kemenangan, sedangkan Amerika Serikat di posisi ketiga dengan poin 3 dari sekali menang dan dua kali kalah.

Panama mendampingi Uruguay melaju ke delapan besar usai menumbangkan Bolivia dengan skor 3-1 dalam pertandingan terakhir grup C di Stadion Inter & Co, Amerika Serikat (AS), Selasa pagi WIB.

Los Canaleros meraih kemenangan, melalui gol yang diciptakan masing-masing oleh Jose Fajardo, Eduardo Guerrero, dan Cesar Yanis pada menit ke-22, 79, dan 90+1. Sedangkan gol penghibur Bolivia dicetak Bruno Miranda pada menit ke-69.

Panama sebagai runner up Grup C dengan poin 6 dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa menurunkan Sergio Rochet, Nahitan Nandez, Ronald Araujo, Mathias Olivera, M Vina, Ugarte, Federico Valverde (C), Pellistri, De La Cruz, Maximiliano Araujo, dan Darwin Nunez sebagai starter saat melawan Amerika Serikat.

Sedangkan AS yang dikomandoi Gregg Berhalter, diperkuat Matt Turner, Joe Scally, Chris Richards, Tim Ream, Antonee Robinson, Tyler Adams, Weston McKennie, Yunus Musah, Folarin Balogun, Giovanni Reyna, dan Christian Pulisic (C).

Pertandingan berlangsung sengit dan keras, sehingga banyak terjadi pelanggaran dari awal babak pertama. Pada 10 menit awal, kedua tim bermain terbuka dan saling serang.

Kartu kuning pertama lahir dari Tyler Adams yang melanggar Araujo pada menit ke-16.

Baca Juga:  Pembudayaan olahraga merupakan Basis sumber atlet

Saking kerasnya, pada menit ke-27 Maximiliano Araujo terpaksa diganti oleh Christian Olivera karena berbenturan dengan Ream saat mencoba memotong umpan silang pemain AS.

Selang semenit, giliran Balogun yang berbenturan dengan kiper Uruguay saat mencoba menyepak bola hasil serangan balik. Tak lama kemudian, kartu kuning kembali dikeluarkan wasit Kevin Ortega asal Peru.

Kali ini datang kembali dari pemain tuan rumah, Chris Richards, yang menekel pemain Uruguay. Lalu, menit ke-36, Ronald Araujo turut menjadi korban karena terkena sikut sekaligus tertimpa badan pemain AS.

Selama babak itu, attempts on target keduanya hanya tercatat satu kali, sedangkan pelanggaran enam kali untuk AS dan delapan untuk Valverde dan kawan-kawan.

Tidak ada serangan yang mengancam gawang dari kedua tim. Justru yang terjadi adalah pelanggaran terus-menerus.

Merespons fakta itu, Gregg Berhalter mengganti Folarin Balogun dengan penyerang tengah Ricardo Pepi pada menit ke-40.

Perubahan sedikit terjadi, penyerangan AS terlihat efektif. Pulisic melalui skema serangan cepat mencoba melepas umpan ke Pepi, tetapi aliran bola berhasil dipotong oleh Rochet.

Skor pun tidak berubah alias 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, baik Amerika Serikat maupun Uruguay tetap bermain terbuka dan saling membombardir pertahanan lawan.

Menit ke-52, pemain Real Madrid, Valverde, melakukan cannon ball dari luar kotak penalti. Sayang, bola sepakannya melenceng jauh di sisi kanan gawang yang dikawal Turner.

Setelah saling serang, akhirnya pertandingan berbuah gol pada menit ke-66 dan aktornya adalah Olivera.

Bek sayap itu melepas sepakan pelan ke gawang, setelah menerima bola liar hasil muntahan bola yang ditanduk Ugarte.

Dengan sigap, pemain nomor 16 itu menyambar bola dan mencetak gol.

Baca Juga:  Liverpool Versus Arsenal, Perebutan Tahta Puncak Klasemen Liga Inggris

Tempo permainan semakin tinggi. Pergantian juga dilakukan kedua timnas. Namun, hingga babak kedua usai kedudukan 1-0 tak berubah untuk Uruguay. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup C
Senin (24/6)

  • Amerika Serikat vs Bolivia 2-0
  • Uruguay vs Panama 3-1

Jumat (28/6)

  • Panama vs Amerika Serikat 2-1
  • Bolivia vs Uruguay 5-0

Selasa (2/7)

  • Uruguay vs Amerika Serikat 1-0
  • Panama vs Bolivia 3-1

Klasemen Akhir

  1. Uruguay 3 3 0 0 9-1 9
  2. Panama 3 2 0 1 6-5 6
  3. Amerika S 3 1 0 2 3-3 3
  4. Bolivia. 3 0 0 3 1-10 0
Iklan
Iklan