Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Rumuskan Strategi Irigasi, Bappedalitbang Gelar Sidang Komisi I

×

Rumuskan Strategi Irigasi, Bappedalitbang Gelar Sidang Komisi I

Sebarkan artikel ini
Foto bersama saat pembukaan sidang komisi irigasi. (Kalimantanpost com/Repronhumaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com -Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menyelenggarakan Sidang I Komisi Irigasi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024, di Palangka Raya, Senin (1/7/2024).

Kepala Bappedalitbang Kalteng selaku Ketua Komisi I Irigasi Kalteng Leonard S. Ampung saat membuka Sidang menyatakan bahwa Sidang Komisi Irigasi yang diadakan dua kali dalam setahun.

“Sidang merupakan momentum penting untuk mengevaluasi dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam pengelolaan irigasi di wilayah kita. Tahun ini merupakan tahun keempat kita melaksanakan sidang Komisi Irigasi, dan ini menunjukkan komitmen serta dedikasi kita dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem irigasi di Kalteng,“ ungkapnya.

Dikemukakan Leonard, irigasi memegang peranan vital dalam mendukung sektor pertanian, yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Kalteng.

Tanpa sistem irigasi yang baik, kita tidak dapat memastikan ketersediaan air yang cukup untuk lahan pertanian, yang pada gilirannya akan berdampak pada ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Terakhir, Ketua Komisi I Irigasi Kalteng menjelaskan Sidang Komisi Irigasi ini adalah wadah untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi terbaik untuk tantangan yang dihadapi.

“Saya berharap dengan adanya Sidang Komisi Irigasi ini, kita bisa memberikan masukan terkait pembangunan bidang irigasi ke depan. Untuk itu, diharapkan keaktifan dan keseriusan kita semua dalam pembahasan Sidang ke-1 Komisi Irigasi hari ini,“ tukas Leonard.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Persidangan Komisi Irigasi Pining Sitohang dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diadakan Sidang I Tahun 2024 Komisi Irigasi Provinsi Kalimantan Tengah ini diharapkan menghasilkan rumusan ataupun isu-isu prioritas, sebagai dasar rekomendasi penting untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan irigasi di Provinsi Kalteng dan pelaksanaan rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Kalteng.

Baca Juga:  Sejumlah PNS Pemprov Kalteng Terima Satyalancana Karya Satya

Ditambahkannya, ada tiga topik paparan yang disampaikan dalam Sidang I ini, yaitu Dinas PUPR Provinsi Kalteng dengan tema “Penyediaan dan Pemberian Air Guna Mendukung Musim Tanam ASEP tahun 2024 di Provinsi Kalteng.

Materi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema: ”Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pertanian Berkelanjutan”; dan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Cilik Riwut dengan tema: ”Prakiraan Cuaca Saat Musim Hujan dan Mendukung Musim Tanam Asep tahun 2024”.

Agenda tersebut dihadiri antara lain, perwakilan Dinas PUPR Kalteng, Anggota Komisi Irigasi Kalteng dari unsur Pemerintah maupun non Pemerintah, perwakilan P3A Daerah Irigasi Kewenangan Provinsi.

Kemudian ada dari Tenaga Ahli Dir. Bina OP Dirjend SDA Kementerian PUPR Rahardjo Ari, Tim Konsultan IDPIM SIMURP-NPIU BANGDA Regional Kalteng, Tim Sekretariat Komisi Irigasi Provinsi Kalteng, serta Dinas PUPR Kabupaten Kotim, Sukamara, Katingan, Seruyan, dan Pulang Pisau. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan