Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

Pj Bupati Hadiri Haul Datu Sanggul Ke 259 

×

Pj Bupati Hadiri Haul Datu Sanggul Ke 259 

Sebarkan artikel ini
KEGIATAN HAUL - Terlebih dahulu dimulai pembacaan syair-syair maulid habsyi di pimpin guru H Ahmad Barmawi atau Guru Kulur. (KP/Ist)

Rantau, KP – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama umat muslim dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan luar daerah hadiri peringatan haul Datu Sanggul ke 259 tahun 2024. Bertempat Halaman Kubah Datu Sanggul Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Sabtu (06/07/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Tapin Ketua DPRD Tapin H Yamani, Para Penjabat Lingkup Tapin, Plh Kepala Kantor Kemenag Tapin Saberi, Camat Tapin Selatan Reza Al-Ghifari dan Kepala Desa Tatakan Ilhamsyah.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutanya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana, masyarakat dan para donatur atas terlaksananya kegiatan Haul Datu Sanggul atau Syekh Abdussamad Sirajul Huda ke 254 tahun 2024.

“Acara Haulan ini tentunya  menjadi kebanggaan bagi kita semua, khususnya bagi Tapin karena kita semua dapat  berkumpul dan saling bersilaturahmi bersama umat muslim, warga masyarakat dan para Habaib serta para ulama,“ ucapnya.

Dalam kesempatan ini juga Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menyampaikan bahwa makam datu sanggul merupakan destinasi wisata religi masyarakat yang ada di Tapin. Mengingat setiap tahun Haulan selalu bertambah banyak jemaah yang hadir tentunya pemerintah daerah akan membebaskan lahan di sekitar areal makam datu sanggul yang masih milik warga masyarakat setempat.

“Pemerintah Daerah, akan coba menganggarkan pembebasan lahan di sekitar makam Datu Sanggul,” katanya.

Dengan lahan yang luas di sekitar makam tentu akan membuat jemaah yang berhadir nyaman dan tidak besesakkan.

“Berharap mudah-mudahan kegiatan haul dapat berlangsung tiap tahun dan kedepan pelaksanaan haul lebih baik lagi dan bagus lagi,” katanya.

Dalam manakip yang diceritakan bahwa Datu Sanggul Syekh Abdussamad Sirajul Huda berasal dari Sumatera Selatan.

Baca Juga:  PT. (SMI) Kunjungi Tapin Soal Rumah Sakit Baru

Salah satu karamah beliau ialah dapat menempuh jarak yang jauh hanya dengan sekejap mata, yakni melaksanakan sholat berjamaah di Tanah Suci Mekkah.

Rangkaian kegiatan haul terlebih dahulu pembacaan syair-syair maulid habsyi di pimpin oleh guru H Ahmad Barmawi atau Guru Kulur dan diakhiri dengan Tausiah keagamaan. (abd/K-6)

Iklan
Iklan