Peringatan Hari Pahlawan dan HKN Digelar Disuasana Hujan

Wakapolres Balangan Kompol Renaldo pimpin peringatan Hari Pahlawan dan HKN ke 54 di halaman kantor bupati Balangan. (KP/Ist)

Paringin, KP – Pemerintah kabupaten Balangan menggelar peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Balangan, Senin (12/11). Walaupun disuasana hari hujan Peringatan tersebut yang digabung dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018 tetap berjalan dengan hikmat.

Hujan yang turun sejak pagi tidak menyurutkan pantia untuk tetap menyelenggarakan do’a bersama dan mengheningkan cipta selama 60 detik yang dipimpin Wakapolres Balangan Kompol Renaldo.

Sementara, seusai upacara peringatan, Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Akhmad Nasa’i, mengutip amanat Menteri Sosial mengatakan,bahwa peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna. Bukan hanya prosesi tetapi substansi yang memberi semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan.

“Tema hari pahlawan tahun 2018 adalah ini adalah Semangat Pahlawan di Dadaku, mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan itu tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Jadi, siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk masyarakat, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Kepala Dinkes Balangan HA Nasa’i serahkan tropy penghargaan kepada petugas kesehatan yang berprestasi.

Nasai mengutarakan bahwa dengan dibarengkannya Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan ini, diharapkan nilai-nilai kepahlawanan dapat memberikan semangat bagi para petugas kesehatan di lapangan, bahwa apa yang mereka laksanakan adalah bagian dari upaya untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

“Semoga dengan ini semua, dapat semakin menggugah kami semua selaku petugas kesehatan untuk semakin tulus ikhlas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua panitia pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional ke-54 Kabupaten Balangan, Muhammad Noor, turut menambahkan bahwa peringatan HKN di Kabupaten Balangan tahun ini telah mulai dilaksanakan sejak awal bulan November tadi dengan menggelar berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh insan kesehatan di Kabupaten Balangan.

“Hari ini merupakan puncak acara peringatan. Pagi dilaksanakan di halaman Setda Balangan, dan selanjutnya dilaksanakan di Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Untuk hari ini (Senin), selain kita melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional. Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan juga menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan berprestasi, dan juga beberapa penghargaan kepada beberapa UKBM terbaik di Kabupaten Balangan, ujarnya.

Sedangkan, kegiatan di kantor Dinas Kesehatan dilaksanakan setelah jam pelayanan di fasilitas kesehatan, di antaranya lomba balogo, fashion show, lomba menyanyi, lomba memasak nasi goreng, senam peregangan dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua insan kesehatan di Kabupaten Balangan.

Untuk diketahui, tema Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018 adalah Aku Cinta Sehat dengan subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita. Jika slogan ini betul-betul dilakukan oleh seluruh masyarakat negeri ini, diyakini dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia. (rel/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...