Wabup Hadiri Rakornas Kemendesa PDTT

WABUP BALANGAN – H Syaifullah serius dengarkan penyampaian materi. (KP/Ist)

Paringin, KP – Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional dan Evaluasi P3MD.

Acara yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/11/2018) tersebut, secara resmi dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dengan dihadiri pula Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, serta Wakil Bupati Balangan H. Syaifullah beserta seluruh Kepala Daerah Se-Indonesia.

Dalam laporannya Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menyampaikan bahwa kegiatan Rakornas ini sangat penting guna sinkronisasi terhadap kegiatan peningkatan

terhadap proses pembangunan di daerah perdesaan.

Berita Lainnya

Pencanangan Kampung KB di Desa Sungai Bahim

Sembilan Desa Dicanagkan Kampung KB

1 dari 76

“Dalam Rakornas kita juga bersama-sama menganalisa dan mengevaluasi atas pelaksanaan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia serta pengembangan ekonomi yang dapat menunjang pendapatan di perdesaan,” ungkap Menteri Desa PDTT.

Sedangkan Wapres RI Jusuf Kalla dalam sambutannya juga mengharapkan melalui Rakornas tersebut dapat terwujud sinkronisasi program yang terencana antara pemerintah pusat dan daerah dengan tujuan untuk memberikan pemerataan pembangunan yang lebih baik baik di desa maupun di kota.

“Tujuan dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat agar tercipta pemerataan, dan kedepannya, dana desa ini akan terus kita tambah. Oleh karenanya melalui kegiatan Rakornas dan Evaluasi P3MD ini, nantinya dapat menghasilkan program pembangunan dan kesejahteraan yang seimbang antara masyarakat kita, baik di perdesaan maupun perkotaan,” harap Wapres.

Sementara itu, Wakil Bupati Balangan H. Syaifullah di sela kegiatan ini juga menegaskan bahwa jajaran Pemkab Balangan akan berupaya maksimal mengawal program peningkatan pembangunan di desa sesuai arahan dari Wakil Presiden dan Menteri Desa PDTT.

“Saya juga mengajak kepada seluruh komponen di Kabupaten Balangan, agar mengawal dengan baik program pemerintah pusat melalui Kemendesa PDTT untuk meningkatkan pembangunan di desa sehingga terwujud pemerataan kesejahteraan, khususnya di Bumi Sanggam,” ajak Wakil Bupati.

Kegiatan Rakornas dan Evaluasi P3MD berlangsung selama satu hari yang dibagi dalam tiga Panel, yakni Panel I dengan materi Pelaksanaan UU Desa, Panel II materi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengelolaan Pemerintahan Desa, dan Kebijakan Pengalokasian Desa, serta Panel III dengan materi Program dan Kegiatan Lingkup Dirjen PPMD. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya