Kompor Alternatif Inovasi Bhabin Kamtibmas Alalak Tengah

Banjarmasin, KP – Di tengah kelangkaan gas elpiji, Bhabinkamtibmas Alalak Tengah Polsekta Banjarmasin Utara menciptakan alat masak alternatif, yakni kompor dari kaleng bekas dengan bahan bakar potongan kayu tak dipakai.

Hasil inovasinya itu sebagai solusi untuk memudahkan memasak dan langsung dipratekkannya, di Kawasan Alalak Tengah Banjarmasin Utara, dengan disaksikan sejumlah warga, Jum’at (11/10).

“Kompor ini tak membahayakan sama sekali,” ujar Aiptu Joko Susilo, Anggota Bhabin Kamtibmas Alalak Tengah Polsekta Banjarmasin Utara.

Dijelaskannya, kompor olahnnya itu bahan bakarnya hanya diisi menggunakan potongan kayu tak terpakai, kertas maupun plastik dan sampah lainnya yang mudah terbakar.

Berita Lainnya
1 dari 868
Loading...

“Ide membuat kompor ini muncul, karena melihat masyarakat Alalak Tengah, kesusahan dan tak mempunyai gas elpiji 3 Kg, apalagi minyak tanah pun sekarang mahal dan susah dicari,” sebutnya.

Kompor karyanya itu dibuat selama dua bulan dan sudah dicoba terlebih dulu sebelum dipraktekkan ke masyarakat.

Kapolsekta Banjarmasin Utara AKP Dodi Hariyanto SIK melalui Kanit Binmas, Iptu H Tasmin, bangga dengan karya anggotanya itu. “Apa yang dilakukan oleh anggota saya tak merugikan warga dan bagus untuk mengatasi solusi kelangkaan gas. Serta dapat mengurangi sampah kayu maupun plastik,” kata dia.

Menurut dia, anggota Bhabinkamtibmas Alalak Tengah sudah kreatif menolong warganya untuk membuat kompor dari kaleng besar yang tak terpakai lagi. Apalagi ia mendengar kabar bahwa di Alalak Tengah, warganya sangat susah mencari gas elpiji tabung 3 Kg. (fik/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya