Bupati HST Panen Perdana Ikan Papuyu

689

Barabai, KP – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan Temu lapang panen perdana ikan papuyu pada pembudidaya ikan (POKDAKAN) Waringin Baru Desa Walatung Kecamatan Pandawan Rabu (30/10).

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Hj Sunar Wiwarni dalam laporannya mengatakan Temu lapang bertujuan mengetahui sejauh mana perkembangan, keberhasilan, permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam mengelola serta dalam pengembangan usaha budidaya dari bantuan yang telah diberikan sebagai bahan evaluasi serta peningkatan produktivitas melalui sinergi program kegiatan yang telah dilaksanakan terutama komoditas perikanan sehingga dapat meningkatkan prodoktivitas perbaikan managemen dan memperbaiki distribusi produksi dan mekanisme pasar.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk berdiskusi menyampaikan pandangan dan pendapat serta permasalahan yang dihadapi dilapangan khususnya kendala teknis dalam kegiatan budidaya perikanan sehingga bisa mendapatkan solusi dari permasalahan dan kendala yang dihadapi,” katanya.

Pada kesempata ini juga Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutannya juga menyampaikan budidaya ikan papuyu, haruan, dan toman dimasyarakat masih banyak mengalami kendala baik dilihat dari aspek teknis, pertumbuhan dan reproduksinya untuk itu sebagai upaya meningkatkan produktivitas  pemerintah daerah saat ini bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM)  kajian dan pemetaan potensi wilayah yang salah satunya adalah untuk menciptakan kampung ikan lokal.

Loading...

Selanjutnya Chairansyah, berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan agar senantiasa meningkat fungsi dan tugasnya dengan tetap bersinergi dan selalu berkoordinasi dengan para kelompok pembudidaya ikan dalam upaya mendorong pertumbuhan di sektor perikanan.

Pada kegiatan ini Bupati dipersilahkan memanen perdana ikan papuyu dikolam dan setelahnya penyerahan  bantuan mesin pembuat pakan ikan oleh ULM yang diwakili Dekan ULM.

Bupati juga mengatakan dengan adanya paket percontohan budidaya ikan papuyu ini diharapkan kepada kelompok pembudidaya ikan penerima paket bantuan ini agar dapat lebih meningkatkan kegiatan usaha budidaya semaksimal mungkin dengan potensi daerah yang dimiliki.

Teknik budidaya yang baik dan tepat serta mengelola secara bersungguh-sungguh sehingga memberikan hasil yang nyata sesuai dengan tujuan dari kegiatan sebagai percontohan bagi masyarakat di sekitarnya.

Turu hadir dalam acara ini Camat Pandawan, Kapolsek, Danramil, Polair, ketua MUI serta undangan lainnya. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya