Desa Haratai di Loksado Resmi Menjadi Desa Wisata 

PERESMIAN - Desa Haratai menjadi Desa wisata. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Desa Haratai dilaunching menjadi Desa wisata, Kamis (28/11/2019) di halaman kantor Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Peresmian dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, mewakili Gubernur, dan didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, yang ditandai dengan pemukulan kentongan bambu secara bersama-sama.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengatakan, pemerintah daerah akan terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan, yang datang berwisata ke HSS, terutama Desa Wisata Haratai.

“Sarana presarana akan terus kita benahi dan perbaiki, sehingga nantinya mendatangkan dampak multiplayer effect. Sehingga menimbulkan manfaat bagi penguatan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat desa wisata Haratai,” ucapnya.

Dalam kesiapan menjadi Desa Wisata tuturnya fasilitas berupa sarana dan prasarana yang dibangun oleh Pemprov Kalsel dan Pemkab HSS sudah ada. Sumber daya manusianya terangnya, di Kecamatan Loksado ada berbagai Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yang telah dibina Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel serta Disporapar HSS.

Selain itu tambahnya, ada komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) yang dibina Disporapar HSS, yang merupakan bagian dalam menciptakan kesiapan tersebut.

Syamsuri mengatakan pihaknya terus mencoba, bagaimana membangun persepsi tentang pariwisata di masyarakatnya. “Ini yang penting, bagaimana merubah cara berpikir, bagaimana menerima kunjungan wisata,” tuturnya.Kadispar Kalsel Dahnial Kifly mengatakan, Desa Haratai adalah desa yang mempunyai potensi alam yang luar biasa sebagai sebuah objek wisata.

“Di Haratai ini ada air terjun, sungai, goa, dan disini juga ada budaya dayaknya dari upacara adat tari-tarian, serta kuliner khasnya. Dengan semua itu yang mendorong kita, untuk menjadikan Desa Haratai ini menjadi sebuah Desa Wisata,” ungkapnya.

Ditambahkannya, faktor yang pentingnya juga karena akses jalan dan sarana prasarana lainnya, yang tersedia untuk perjalanan menuju ke Desa Haratai sudah tergolong lengkap dan sangat nyaman. (tor/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...