Pastikan Program Bansos UEP Berjalan Bupati HSS Berdialog Dengan Penerima

BUPATI HSS - Berdisikusi dengan Diana Penerima program bantuan sosial UEP sejak 2017. (KP/Ist)
372

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan bantuan sosial (Bansos) program Rumah Sejahtera, bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Bansos Pemakanan bagi anak LKSA Ibnu Mas’ud Putra dan Putri, Senin (18/11/2019) di warung Diana Desa Baru Kecamatan Sungai Raya.

Dilakukan penyerahan di tempat tersebut, dalam rangka memastikan program-program bantuan sosial yang selama ini dikucurkan telah berjalan dengan baik. Diana merupakan salah satu warga yang pada tahun 2017 lalu, menerima bantuan modal UEP.

Sebelum menyerahkan bantuan, Bupati terlebih dahulu duduk dan berdiskusi dengan Diana mengenai perkembangan usaha warungnya selama ini.

Diungkapkan Diana, setelah mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah, selain digunakan untuk menambah modal usaha, sebagian bantuan digunakan untuk memperbaiki warung yang ada.

“Setelah dapat bantuan, atap yang dulu bocor kami ganti,” ungkapnya, sambil sambil menghidangkan ‘gaguduh panas’ (Pisag gureng-red) ke Bupati HSS.

Diana mengatakan, sebelum menerima modal usaha, keuntungan yang ia dapat berkisar sekitar 25 ribu rupiah, dan itu ujarnya tidak cukup untuk memenuhi kehidupan dalam rumah tangga. Namun setelah ada tambahan modal usaha, keuntungan yang ia dapat bisa mencapai 50 ribu rupiah, yang bisa dibelikan lauk makan dan uang saku sekolah anak.

“Setelah mendapat bantuan, saya bisa menambah pendapatan dari usaha warung teh kami. Soalnya dengan bantuan itu kami bisa menambah isi jualan dan memperbaiki warung sehingga lebih menarik pengunjung,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati HSS Achmad Fikry berpesan, modal yang ada dijaga agar tidak berkurang, kalau bisa disisihkan sebagian keuntungan, untuk menambah lagi modal usaha.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, semangat untuk maju, semangat untuk meningkatkan kesejahteraan harus selalu di pegang.

Di Kecamatan Sungai Raya, Bansos UEP di serahkan kepada 9 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebesar 1.500.000 rupiah per KPM. Program Rumah Sejahtera APBD-P 2019 diserahkan kepada 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebesar 13.908.000 rupiah per KPM. Serta Bansos Pemakanan bagi anak LKSA Ibnu Mas’ud Putra sebesar 71.175.000 rupiah, dan Ibnu Mas’ud Putri sebesar 147.825.000 rupiah.

Dituturkan Bupati Achmad Fikry, program-program bantuan sosial seperti rumah sejahtera dan UEP akan terus berlanjut, dengan harapan bantuan yang diberikan pemerintah, dapat meningkatkan pendapatan bagi penerima manfaat.

Bupati Achmad Fikry mengatakan , setelah usaha sudah maju ia mengharapkan tidak tergantung pada pemerintah lagi, berwirausha menambah modal bisa melalui perbankan.

“Kami ingin membuka akses bagi warga yang ingin menambah modal usaha, bisa melalui perbankan,” terangnya.

Ia menuturkan, semangat dalam penyerahan bantuan ini adalah semangat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, dan meningkatkan pendapatan. Namun terangnya, bantuan yang diberikan tidak bisa diberikan secara bersamaan, dan harus dengan skala prioritas. (tor/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...