Perkemahana ELY Jalin Persaudaraan

Sampit, KP.- Karena Gerakan Pramuka adalah kegiatan Gerakan Kepanduan diseluruh dunia dan merupakan kegiatan pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga untuk kaum muda yang bersifat sukarela, tidak berpolitik, terbuka dan tanpa membeda-bedakan asal-usul, ras, suku dan agama,serta penyelenggaraannya dilakukan melalui nilai universal yaitu Kepanduan. Hal tersebut dikatakan Gubernur KalTeng Sugianto Sabran dalam sambutannya kegiatan Kemah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif (ELY) di Kawasan Wisata Pantai Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur yang diikuti sekitar 4.500 orang dari 13 Kabupaten Kota se KalTeng(30/11)

“Melalui Kemah ELY ini dapat menumbuh kembangkan peran serta yang nyata dalam upaya membina kegiatan Gerakan Kepramukaan di KalTeng terutama dalam mendukung penyediaan fasilitas bagi pembinaan Pramuka di Kwartir Daerah Kabupaten/Kota Cabang di seluruh Kalimantan Tengah,” katannya .

Pendidikan Pramuka sebagai system pendidikan non formal membantu dan melengkapi formal dalam upaya pembentukan watak dan kepribadian kaum muda sebagai kader bangsa yang cinta tanah air dan berkarakter, untuk itulah Gerakan Pramuka menyelenggarakan kegiatan yang menarik, bersifat rekreasi dan edukasi di alam terbuka, segala tantangan dalam keadaan yang sederhana, dan dengan fasilitas yang terbatas serta segala sesuatu harus dikerjakan secara mandiri atau berkelompok namun terus berlatih, berkarya, memelihara lingkungan hidup serta senantiasa dalam suasana gembira, dan kekeluargaan.

“Kegiatan tersebut akan terus dibina dan dapat dilaksanakan setiap tahun apabila ada Kabupaten/Kota yang bersedia menjadi Tuan Rumah ELY seperti ini, tambah Sugianto.

Sementara Ketua Panitia Kemah Ely Berkah KalTeng 2019, Fahrizal Fitri, S.Hut,MP, Kehidupan di perkemahan ditata sesuai dengan prinsif –prinsif dasar dan metode Kepramukaan antara lain; Satuan terpisah antara peserta putra dan putrid, suasana persaudaraan dan saling menghormati, Ceria, bersahaja dan kemandirian.

“Dengan perkemahan kita dapat membangun silaturahmi dan persaudaraan,” katannya

Adapun kegiatan dalam Kemah ELY antara lain kegiatan Api Unggun, Penanaman Pohon, Pembersihan Pantai, out door, Forum Kemah ELY dan lain sebagainya, sehingga suasana kehidupan diperkemahan dirancang dengan jawal kegiatan yang tidak terlalu ketat, untuk memberi kesempatan kepada para peserta untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan suasana perkemahan dan membina keakraban antar peserta. (Yld/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...