Tapin Kampanyekan Gemar Makan Ikan

BUPATI TAPIN - HM Arifin Arpan berbaur dengan anak-anak sekolah berikan sejumlah pertanyaan menyangkut masalah ikan kepada anak-anak SD dan bagi yang benar menjawab yang dilontarkan dapat hadiah dan uang. (KP/Ist)

Rantau, KP – Dalam rangka mengampanyekan gemar makan ikan Pemerintah kabupaten Tapin melalui Dinas perikanan setempat bagikan masakan berbahan serba ikan.

Kampanye gemar makan ikan ini dilakukan di lapangan Basket Bur Anwar Rantau Selasa (3/12) kemaren dan dihadiri oleh bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan,MM bersama ketua TP. PKK Tapin Hj. Ratna Ellyani, wakil bupati Tapin H. Syafrudin Noor, SSos SE, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopinda) Tapin serta kepala SOPD dan camat se kabupaten Tapin.

Ajakan dan kampanye gemar makan ikan ditujukan kepada warga masyarakat secvara umum dan para siswa dan siswi atau pelajar di aderah ini khususnya agar selalu gemar dan menyukai makan ikan karena dalam ikan banyak mengandung protein hewani yang sangat berguna dan bermamfaat bagi tubuh kita, apalagi bagi anak-anak seusia sekolah.

Bupati Tapin HM. Arifin Arpan dalam sambutannya mengatakan bahwa meningkatnya konsumsi makan ikan di kabupaten Tapin, maka harus dimulai dan membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak-anak adalah suatu keharusan, “ Karena sering ini prioritas lauk yang paling disenangi oleh anak-anak adalah telor dan ayam,” ungkapnya.

Menurut bupati Tapin kedepan melalui gerakan masyarakat gemar makan ikan (Gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar makan ikan yang aman, sehat, bergizi dan halal dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat .

Dikatakannya pula oleh bupati Tapin bahwa sosialisasi ini sebagai sarana untuk menyakinkan kepada masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan agar tidak membosankan seperti diolah menjadi sosis ikan, abon ikan, bakso ikan dan nugget ikan serta banyak lainnya.

“Dengan meningkatnya konsumsi ikan berarti meningkatkan pula permintaan produksi terhadap ikan dan pemasarannya yang akan menggerakan perekonomian masyarakat Tapin,” pungkasnya.

Sementara itu panitia pelaksana kampanye gemar makan ikan yang juga kepala dinas Perikanan kabupaten Tapin H. Pahrianata melaporkan bahwa kegiatan ini dengan mengangkat tema,” Kita biasakan konsumsi ikan setiap hari mewujudkan generasi sehat, kuat dan cerdas.”

Menurutnya kampanye gemar makan ikan ini menghadirkan anak-anak SD sebanyak 100 orang yang tersebar di sekolah-sekolah Dasar di lingkungan kota Rantau dan juga menghadirkan orang tua siswa sebanyak 100 orang, dan guru pendamping sebanyak 15 orang. (ari/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...