Curah Hujan Meningkat Masyarakat HSS Diimbau Waspada

Kandangan, KP – Sehubungan meningkatnya curah hujan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) beberapa hari ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengimbau masyarakat waspada bencana akibat perubahan iklim tersebut, utamanya bagi yang tinggal di daerah rawan bencana. 

Pemerintah daerah telah berupaya melakukan mitigasi melalui penetapan status siaga bencana darurat banjir, longsor dan puting beliung, yakni keputusan Bupati HSS nomor 188.45/381/KUM/2019, yang berlaku sejak 1 Desember 2019 hingga 31 januari 2020 mendatang. 

“Posko siaga sudah diaktifkan, dan, kita sudah koordinasi dengan tim reaksi cepat apabila ada bencana, termasuk alat berat dari Dinas PU dan perahu karet serta alat evakuasi dan pertolongan juga disiapkan,” papar Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan PB Kesbangpol) HSS Efran. 

Efran mengimbau seluruh lapisan masyarakat, saling memberikan informasi dan saling mengingatkan untuk waspada bencana di lingkungan sekitar masing-masing.

Berita Lainnya
1 dari 1.196
Loading...

“Kalau di sekitar rumah ada pohon-pohon besar patut diwaspadai terjadi tumbang, begitupun warga yang tinggal di bantaran sungai berhati-hati kalau-kalau ada air bah atau peningkatan debit air mendadak,” imbaunya.

Ia juga mengharapkan para camat untuk terus memonitor dan melakukan pengecekan ke wilayah desa-desanya, khususnya di bantaran Sungai Amandit. Kepala Desa juga diimbaunya, agar aktif dan tidak meninggalkan wilayah masing-masing terlalu lama. Hal ini dimaksudkan terangnya, jika ada bencana bisa diketahui dan segera tertangani.

Ia berpesan, jika ada hal yang penting dan mendesak agar segera disampaikan melalui posko di kantor Badan PB Kesbangpol HSS, yang aktif selama 24 jam penuh.

Efran juga berharap para alim ulama mendoakan, agar wilayah HSS terhindar dari bencana alam, banjir dan puting beliung, dan bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam dan untuk meminimalisirkan korban bencana yang tidak diinginkan. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya