Dewan Dukung DAS Barito Kawasan Penyangga Ibu Kota Negara Baru

Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter.
401

Palangka Raya,KP – Meski tidak terpilih menjadi ibu kota negara baru (IKNB), baik Pemerintah maupun masyarakat dan Wakil Rakyat Kalimantan Tengah tetap mensyukuri Kaltim yang ditetapan Presiden.

Setidaknya itulah yang tergambar dalam pidato Ketua DPRD Kalteng Wiyatno pada pembukaan masa sidang ke I DPRD Kalteng, pertengahan pekan tadi di Palangka Raya. Sebab tetap akan berdampak positif bagi perekonomian Kalteng.

Salah satu Wakil Ketua DPRD Kalteng asal Dapil IV wilayah DAS Barito Jimmy Carter kepada media Jum’at (17/1) menyatakan, empat Kabupaten wilayahnya perlu diberi dukungan agar benar-benar siap sebagai kawasan penyangga.

Ditanya penyangga apa saja sebagai bentuk dukungan Kalteng bagi pembangunan IKNB, yang pasti penyedia pangan bagi penduduk baru yang mendiami kawasan baru itu nanti.

Sebab paling tidak akan ada jutaan orang pindah dari Jakarta ke Kaltim, semuanya membutuhkan pangan. Kebutuhan pangan dimaksud mulai dari beras, sayur, buah dan daging.

Kabupaten terdekat sebut politisi partai Demokrat ini, yakni Kabupaten Barito Timur, dan Barito Utara. Bartim salah satu penghasil beras di Kalteng, kapan perlu lahannya diperluas lagi.

Sedangkan Barito Utara terkenal sebagai pusat produksi jagung untuk pakan peterbakan, dan kawasan perkebunan.

Karena itu, pihaknya akan terus mendorong kawasan DAS Barito sebagai kawasan penyangga IKN Baru, melalui regulasi maupun anggaran mulai tahun depan, paparnya. (drt)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...