Gubernur Kalteng Tinjau Jembatan Tumbang Samba

402

Palangka Raya.KP. Kalteng Sugianto Sabran, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Katingan, dan tinjau pembangunan Jembatan Tumbang Samba, Sabtu (18/1).

Bersama anggota DPR RI Dapil Kalteng, H. Agustiar Sabran, dan anggota DPRD Kalteng, dapil Katingan, Sengkon, Gubernur Sugianto, menaiki kendaraan bersama sejumlah Kadis Provinsi, melakukan perjalanan selama empat jam dan sampai ke lokasi pembangunan Jembatan, wilayah Tumbang Samba.

Dilokasi, Gubernur disambut Bupati Katingan Sakariyas, Wakil Ketua DPRD Katingan, Kapolres dan Dandim serta Damang, untuk melihat progres pembangunan yang direncanakan akan selesai pada Maret 2020.

Gubernur mengatakan, kita bangga dan berterimakasih kepada pemerintah pusat, yang telah membangun jembatan di wilayah Tumbang Samba.

Pasalnya jalan ruas tersebut menghubungkan wilayah Kalbar, Kaltim dan Kalteng. Sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi, khususnya di Katingan, Kalteng, papar Sugianto.

Gubernur Sugianto bersama rombongan, juga menikmati keindahan model jembatan yang ada dibangun di Amerika dan di Kalteng tersebut serta desainya sama seperti jembatan di Jayapura, Papua.

Langkah Provinsi dan Pemkab Katingan dapat berkolaborasi meningkatan akses jalan ke desa untuk masyarakat, dimana jalan tembus Tumbang Samba sudah bagus, sehingga nantinya dapat ditingkatkan lebih baik lagi, jelasnya.

Bupati Katingan Salariyas mengungkapkan menyambut baik kehadiran Gubernur serta rombongan yang menyambangi wilayah Katingan sehingga dapat menyampaikan bentuk aspirasi dan keinginan dalam pembangunan.

Dikemukakan pihaknya juga ungin membangun jembatan lainnya, dimana nantinya melalui APBD Katingan dan diharapkan dapat dibantu APBD Provinsi.

Begitu juga yang disampaikan oleh Sengkon, anggota DPRD Kalteng, yang ikut bersama Gubernur dalam memantau kondisi daerah untuk dapat dibantu anggaran diwilayah Katingan.

Kami bersama Gubernur, melihat lebih jauh kondisi masyarakat dan daerah Katingan, dimana berbagai hal yang dapat dilakukan program kerakyatan di sini oleh Pemprov Kalteng.

Terkait pembangunan jembatan Tumbang Samba Ferry, dari Kementrian PUPR, menjelaskan pembangunan jembatan Tumbang Samba itu sejak tahun 2016 sampai selesai tahun 2020.

Panjang jembatan mencapai 843 meter dengan biaya sekitar Rp 298 miliar.

“Pembangunanya dilakukan selama tiga tahun dengan biaya APBN. Nantinya tahun 2024 rencananya akan dialokasikan lagi untuk perbaikan jalan tembus ke wilayah Kaltim dan Kalbar ke Kalteng,” tambahnya.

Usai meninjau, Gubernur Sugianto dan rombongan kemudian menyambangi warga sekitar sembari memberikan bantuan secara pribadi bagi warga kurang mampu, serta mendengar aspirasi masyarakat setempat. (drt)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...