Haul Sekumpul, DLH Banjarmasin Bantu Penanganan Sampah dan Toilet Umum

Banjarmasin, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin siap menjadi inisiator penanganan sampah pasca acara haul akbar ke-15 Syekh Zaini bin Abdul Ghani atau yang dikenal sebagai Guru Sekumpul.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Kota Banjarmasin, Marzuki SE. MA saat rapat koordinasi bersama dengan sejumlah pemerintah wilayah yang termasuk kedalam Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Tanah Laut, Barito Kuala) di ruang aula Barakat setda Kabupaten Banjar.

“Kami DLH Banjarmasin siap ikut membantu dalam penanganan sampah saat dan pasca acara haul nanti,” ucapnya disela mengikuti rapat tersebut, Selasa (28/01/2020) kemaren.

Dalam rapat koordinasi itu kelima daerah tersebut sepakat untuk saling bahu-membahu dalam penanganan sampah saat acara haul ke-15, pada akhir Februari hingga awal bulan Maret tahun 2020 nanti.

Lanjutnya, DLH Kabupaten Banjar sudah melakukan koordinasi dengan posko induk untuk berusaha mengendalikan penggunaan plastik saat haul. “Sesuai kesepakatan jemaah akan dianjurkan untuk meminimalisir penggunaan plastik pada saat acara haul nanti,” tambahnya.

Berita Lainnya

Pulih di Tengah Ancaman

Uniska Tegas Larang Penerima Bidik Misi Ikut Demo

1 dari 1.036

Marzuki membeberkan beberapa poin yang sudah disepaki dalam rapat tersebut yakni, para jemaah dihimbau untuk membawa botol minum sendiri (tumbler), bagi para penyumbang makanan dan minuman agar bisa menghindari penggunaan botol kemasan (cup) dan pembungkus makanan yang berbahan plastik. Pasalnya disetiap posko akan disediakan air galon untuk para petugas dan jemaah haul yang ingin melepas dahaganya.

“Dapur umum juga sudah dihimbau untuk tidak menggunakan plastik saat mengemas makanan. Selain itu para relawan juga sudah diberi arahan untuk mengumpulkan dan memilah sampah,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, pasca haul nanti diperkirakan akan menghasilkan sampah sebanyak 700 hingga 800 ton. “Untuk penanganannya kita akan menrgetkan selama 3 hari dan akan melibatkan ratusan armada dan ribuan relawan yang akan dibagi pada beberapa zona penanganan,” ungkap Marzuki SE MA.

Sesuai Kesepakatan tumpukan sampah tersebut, tambah Marzuki, SE MA. akan disalurkan ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Banjarbakula yang ada di Gunung Kupang, Banjarbaru.

“Tak kalah penting untuk mengambil berkah dalam perhelatan haul akbar Abah Guru Sekumpul. Berkah haulnya dan berkah juga sampahnya bisa membantu para pemulung dan para pengumpul sampah plastik dan lainnya,” pungkasnya.

Selain penanganan sampah, DLH Banjarmasin juga mengirimkan satu unit mobil toilet umum untuk memberi pelayanan kepada jamaah haul yang membutuhkannya. “Iya kami kirimkan satu unit mobil toilet umum nantinya,” tutupnya. (zai/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya