Telan Dana Rp149, Jokowi Resmikan Operasional TPA Banjarbakula

Banjarbaru, KP – Presiden RI, Joko Widodo, tiba di tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah Banjarbakula, yang terletak di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Jumat (7/2) petang.

Kehadiran di TPA tersebut merupakan awal rangkaian kehadiran presiden dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020. “Pembangunan TPA ini menelan biaya Rp149 maliar,” ujar Jokowi.

Dikatakannya, model pengelolaan sampah Banjarbakula tersebut patut diapresiasi, sebab dalam pengelolaan melibatkan lima kabupaten/kota. Ia sempat memuji Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, yang turut mendampinginya karena berhasil mengelola sampah bersama kabupaten/kota terkait.

Berita Lainnya

Ke MK “Bunuh Diri”

1 dari 1.030

Pada kesempatan tersebut Jokowi berpesan kepada semua pihak agar mengedukasi masyarakat agar bisa mengelola samapah sendiri.

“Saya tadi dilaporkan bahwa TPA ini bisa digunakan selama 8 tahun, tapi jika semua sampah di buang di sini maka usianya akan semakin pendek. Tidak harus semua masuk sini, tapi dipilah-pilah dulu mana yang dibuang mana yang bisa di daur ulang,” ujarnya.

Ia menambahkan, sampah bukan persoalan sepele. Ribuan ton sampah banyak yang tidak bisa ditangani dan menyebabkan musibah. Selain itu, lanjutnya, membuang sampang sembarangan juga menimbulkan bencana.

“Baik aroma yang tidak sedap, penyakit, bencana lingkungan, maupun bencana banjir yang merugikan banyak orang. TPA perlu ditata dengan baik,” pesannya.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya