Disdukcapil Launching ‘SI LAPAT’

Tanjung, KP – Masih terkait peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabalong kembali melakukan inovasi baru untuk memberikan kemudahan pelayanan administrasi dokumen kependudukan bagi masyarakat, yakni dengan melaunching inovasi baru Si Anak Lahir Akta Langsung Didapat (SI LAPAT), dan inovasi Perubahan Status Kependudukan Terintegrasi Setelah Perceraian (PASTI KEREN) melalui SIAK.

Kegiatan launching yang dilaksanakan belum lama tadi tersebut bertempat di Aula Mal Pelayanan Publik (MPP) Mabuun Tanjung, juga sekaligus dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) layanan terintegrasi, antara Disduk Capil Kabupaten Tabalong dengan Pengadilan Agama Tanjung, RSUD H Badaruddin Kasim, RS Pertamina dan dengan sejumlah Klinik bersalin.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tabalong, H Suryanadie mengatakan, Launching SI LAPAT dan PASTI KEREN ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Disduk Capil, Rumah Sakit dan Klinik, kemudian untuk peningkatan layanan mengenai akte kelahiran dan untuk memberikan layanan administrasi kependudukan secara terintegrasi.

Berita Lainnya
1 dari 1.396
Loading...

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Tabalong, Drs H Mawardi M.Si, dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik kembali adanya inovasi membangun dari Disdukcapil Kabupaten Tabalong dibidang pelayanan masyarakat, yakni merupakan salah satu inovasi dalam rangka memberikan pelayanan tertib administrasi kependudukan dan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan agar mudah, cepat dan efisien.

Terlebih dari inovasi SI LAPAT tentunya bakal meningkatkan cakupan kepemilikan akte kelahiran, memudahkan masyarakat, khususnya bagi ibu yang melahirkan di Rumah Sakit dan Klinik Bersalin untuk mengurus pembuatan Akte Kelahiran dan mendapatkan Kartu Keluarga Baru Penambahan Anak, juga Kartu Indentitas Anak (KIA) secara mudah cepat efisien dan gratis sekaligus terjadi penyelarasan koordinasi teknis dan prosedur secara terpadu antara Disduk Capil dengan pihak Rumah Sakit dan Klinik Bersalin.

Begitu juga dengan inovasi PASTI KEREN, tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan dengan status baru setelah perceraian yang diserahkan sekaligus pada hari yang sama, saat penggugat mengambil ke Kantor Pengadilan Agama.

Inovasi PASTI KEREN ini juga menjadi penyelarasan koordinasi teknis dan prosedur secara terpadu antara Disduk Capil dengan pihak Pengadilan Agama.

“Jadi inovasi SI LAPAT dan PASTI KEREN yang kita launching tentunya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Tabalong yang sama-sama kita cintai,” demikian pungkas Wabup Tabalong ini. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya