Puncak Haul Guru Sekumpul Digelar, Banjarmasin Mendadak Lengang

Banjarmasin, KP – Beberapa ruas jalan di Kota Banjarmasin tampak lengang, Minggu (1/3/2020) sore. Aktifitas masyarakat yang biasanya ramai terlebih di akhir pekan mendadak sepi.

Tak terkecuali toko kelontongan, kios, rumah makan, hingga pasar swalayan juga ada yang meliburkan diri. Para pedagang memilih meninggalkan rutinitas berdagangnya.

para pedagang rupanya juga tak mau ketinggalan momen puncak haul ke – 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar yang digelar pada Minggu malam.

Hal ini di akui Sugianoor, warga Jalan HKSN, Banjarmasin Utara. Ia mengaku, bahwa jalan di Banjarmasin tampak lengang. Dan sejumlah toko banyak yang tutup.

Berita Lainnya
1 dari 2.367
Loading...

“Waktu saya di jalan saya lihat banyak warung-warung yang tutup. Tapi masih ada juga yang buka. Kebanyakan yang tutup sih,” ucap Sugianoor warga Jalan HKSN, Banjarmasin Utara.

Ia pun memaklumi akan hal ini. Menurutnya bahwa haul Abah Guru Sekumpul merupakan momen yang ditunggu-tunggu, khususnya warga Kalsel. Banyak yang datang untuk membantu sebagai relawan atau hanya sekedar untuk berhadir sebagai jemaah biasa.

“Terlebih Banjarmasin juga kota yang terkenal akan religiusnya. Jadi sangat wajar banyak warganya yang datang kesana. Apalagi dekat, yang jauh saja datang,” katanya.

Sugi pun sebenarnya ingin sekali berhadir ke acara haul. Akan tetapi sayang, pekerjaan lah yang membuat harus mengurungkan niatnya tersebut. “Kerja kena sip malam. Semoga tahun depan saya bisa hadir di sana,” harapnya.

Seperti diketahui, puncak haul Abah Guru Sekumpul ke 15 bakal digelar pada Minggu malam. Setelah sebelumnya, pada Sabtu kemarin haul hari pertama juga telah dilakukan di tempat yang sama.

Diperkirakan, haul ke 15 kali ini menyedot jutaan jemaah yang datang dari segala penjuru. Tak hanya Kalimantan, bahkan dari luar. Bahkan juga ada yang datang dari manca negara. (Sah/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya