Banjar Waspada Demam Berdarah Ditengah Pandemi Covid-19

Martapura, KP – Dinas Kesehatan Banjar dibantu anggota Koramil 1006-08/Gambut bersama aparat desa, melakukan penyemprotan atau fogging untuk mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Fogging dilakukan di desa Kayu Bawang RT 01, Handil Kandangan, Kecamatan Gambut.

Ditengah pandemi Corona saat ini, Dinas Kesehatan juga tidak melupakan antisipasi dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa wabah demam berdarah, apalagi sekarang musim penghujan masih berlangsung.

Petugas dari puskesmas dibantu aparat TNI dan desa setempat, bersama-sama menyisir RT di wilayah Desa Kayu Bawang. Sasaran penyemprotan antara lain, tempat Ibadah, kawasan perumahan warga, sekolah serta selokan atau got-got yang bisa jadi sarang nyamuk.

Babinsa Koramil 1006.08/Gambut Sersan Satu Asrofi menuturkan, kegiatan penyemprotan ini dilakukan guna mengantisipasi penyakit demam berdarah.

Berita Lainnya

LPTQ Banjar Matangkan Kadernya 2 Bulan

Kasus Covid Menurun, Tapi Prokes Jangan Kendor

1 dari 1.183
Loading...

“Hasil kesepakatan bersama, perlu adanya fogging meski tidak adanya kasus,” tandasnya disela fogging, Rabu (15/4).

Menurutnya, kita semua tidak boleh terlena pada pencegahan Covid-19 saja, sementara antisipasi menyebarnya penyakit lain, seperti DBD di lingkungan warga, terabaikan.

Kepala Desa Kayu Bawang Handil Kandang Syafrudin Noor (46) menambahkan, sebelum fogging ini, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat yang sama guna mengatasi virus Corona.

”Kami mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penyakit DBD, disamping tetap melindungi diri dari penularan virus Corona,” pesannya.

Tidak lupa dia diminta warga untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sama seperti pencegahan corona, PHBS juga bisa mencegah DBD, disamping gerakan 3 M. (wan/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya