Batola Gelar Penyemprotan Disinfektan Massal

Marabahan, KP – Guna melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) Polres, Pemkab, seluruh Forkopimda, dan instansi terkait di Kabupaten Barito Kuala (Batola) bersinergi melakukan penyemprotan massal cairan disinfektan, Selasa (31/03/2020).

Aksi serentak ini menerjunkan sejumlah armada seperti mobil water cannon dari Polres Batola, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab, TNI, BPBD, Dinas Sosial, Dishub, Dinas Kesehatan, dan sejumlah BPK seperti Seman Fire, Nurul Iman, dan lainnya.

Armada-armada dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di lokasi-lokasi yang mudah terjangkau seperti jalan-jalan raya yang sering dilintasi masyarakat, tempat-tempat umum seperti terminal, kawasan lapangan sepakbola, hingga kawasan sekitar perkantoran dalam Kota Marabahan, ibukota Kabupaten Batola.

Sementara tempat-tempat yang sulit terjangkau seperti tempat-tempat ibadah, kantor, tempat jualan, permukiman penduduk, hingga taman bermain, penyemprotan dilakukan secara manual dengan menggunakan alat semprot handsprayer dan lainnya.

Sebelum aksi digelar, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Komandan Kodim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto SE, Ketua PN Marabahan Yohannes Purnomo Suryo Adi SH MHum, anggota forkopimda lainnya/mewakili, serta pimpinan SKPD terkait berkumpul di Polres Batola. Mereka diterima Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK MH.

Sekitar pukul 10.00 Wita para petinggi itu menuju depan Kantor Bupati Batola yang berada di Jalan Basuki Rahmat guna melepas sejumlah armada dan relawan yang akan melakukan penyemprotan.

Aksi serentak ini juga dipraktekan Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan para unsur forkopimda beserta jajaran dengan melakukan penyemprotan di sekitar kawasan umum seperti taman bermain Surya Lestari, Siring Wisata Marabahan, serta sejumlah fasilitas umum yang berada di Jalan Tugu Marabahan.

Berita Lainnya

Batola dan Kejari Jalin Kerjasama Penanganan Hukum

Kodim 1005 Luncurkan Tim Mobile

1 dari 1.156
Loading...

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, aksi penyemprotan bersama ini merupakan aksi massal yang melibatkan Pemerintah Daerah, Polres, Kodim, Pengadilan, Kejaksaan, DPRD, BPK, para relawan, berbagai BPK dan masyarakat.

“Intinya pada hari ini kita menyatukan segala kekuatan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 agar insya Allah jangan sampai menjamah ke wilayah Kabupaten Barito Kuala,” katanya.

Selain menggelar aksi penyemprotan disinfektan massal, ungkap wabup, Batola melalui Tim Gugus Tugas yang di dalamnya juga terdapat berbagai unsur seperti Pemkab, BPBD, TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, petugas kesehatan dan lainnya telah melaksanakan pemeriksaan bagi warga yang melintasi wilayah-wilayah perbatasan di antaranya Kecamatan Anjir Pasar – Kapuas, Kecamatan Tabukan – Kecamatan Kapuas Murung, Kecamatan Kuripan – Kalteng, dan Tamban.

“Harapan kita melalui cara itu akan bisa mengantisipasi pencegahan terhadap kemungkinan penyebaran Virus Corona wilayah kita ini,” harapnya.

Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK MH menerangkan, aksi penyemprotan disinfektan serentak ini dilaksanakan dalam upaya memaksimalkan pencegahan kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19.

Selan di ibukota kabupaten, lanjut Bagus, aksi yang sama juga digelar secara serentak di polsek-polsek di seluruh kecamatan di wilayah Batola.

Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan, tambah Bagus Suseno, pihaknya bersama Kodim 1005 Marabahan juga menerapkan patroli di masyarakat agar jangan sampai terjadi perkumpulan massa.

“Selama diberlakukan patroli petugas berupaya menghindarkan terjadinya perkumpulan massa, khususnya yang dinilai mengandung nilai manfaat,” paparnya seraya menerangkan aksi patroli terus dilakukan hingga situasi dinilai tahap aman. (ang/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya