Tabalong Masih Aman Sebaran COVID-19

Tanjung, KP – Sempat 2 orang dinyatakan positif Corona, karena terpapar saat berada di luar Kabupaten Tabalong, sementara lokal daerah masih aman dari sebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Hal itu, diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, dr Taufiqurrahman, belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Taufiq, meski Kalimantan Selatan sudah dinyatakan masuk kategori local transmition (penyebaran dari lokal) terkait virus corona seperti di Banjarmasin dan Batola. Namun, Kabupaten Tabalong masih dinyatakan aman atau tidak ada yang terjangkit dari dalam daerah.

Berita Lainnya
1 dari 443
Loading...

Local transmition yakni wilayah yang disebut WHO sebagai wilayah penularan covid-19 di lokasi pasien berada.

Dijelaskan Taufiq, meski di daerahnya sudah ada orang yang positif, tapi penyebarannya bukan dari lokal melainkan tertular dari luar daerah. “Positif covid-19 di Tabalong bukan transmisi lokal, tapi terjangkit dari luar,” katanya.

Meski belum ditemukan kasus transmisi lokal COVID-19, disebutnya Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tabalong sudah melakukan upaya pelacakan atau tracing orang-orang yang ada kontak dengan pasien positif.

Di ungkapkan taufiq, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan perluasan penyebaran virus tersebut dengan melakukan kegiatan surveilans melalui Form Identifikasi Diri.

Selain itu, untuk pencegahan adanya penularan lokal atau transmisi lokal, maka warga berstatus ODP masih ada gejala diminta jangan keluyuran dan tetap isolasi hingga benar-benar dinyatakan sehat. “Kami tidak akan mengeluarkan surat selesai karantina kalau yang bersangkutan belum sehat atau masih ada gejala,” demikian pungkas Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tabalong ini.  (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya