Bawang Putih Turun, Bawang Marah Kian ‘Meroket’

Menurut Saridah, salah seorang pedagang di Pasar Sentra Antasari, naiknya harga bawang merah ini terutama sekali karena suplai yang sangat terbatas di pasaran

BANJARMASIN, KP – Mendekati hari raya Idul Fitri, yaitu memasuki H – 7, Minggu (17/5) harga bawang putih lebih berdamai kepada konsumen dibandingkan harga bawang merah.

Pantauan KP di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, yang merupakan pasar kulakan terbesar di Kalimantan Selatan, harga bawang putih dijual pada kisaran mulai dari Rp18.000 per kilogram, sebelumnya masih pada kisaran mulai dari Rp28.000.

Sedangkan yang harganya terus melonjak secara signifikan adalah harga bawang merah, yang sudah tembus pada kisaran Rp60.000 per kilogram. Padahal sehari sebelumnya, Sabtu (16/5) harganya masih dibawah itu, yaitu Rp55.000 per kilogram.

Menurut Saridah, salah seorang pedagang di Pasar Sentra Antasari, naiknya harga bawang merah ini terutama sekali karena suplai yang sangat terbatas di pasaran. Dan itu terlihat dari sedikitnya komoditas ini untuk diperjualkan belikan.

Berita Lainnya
1 dari 458
Loading...

“Hari raya masih tujuh hari lagi, saya menduga harga bawang merah maupun kebutuhan pokok yang lainnya, masih akan naik lagi,” ujar Saridah.

Selain bawang marah, yang juga cukup signifikan kenaikannya dalam satu pekan belakangan ini adalah ayam potong. Untuk ayam potong ukuran sekitar 1 kilogram per ekor, sempat dijual dengan harga Rp17.000 hingga Rp20.000 per ekor, sekarang sudah jauh melejit, yaitu mencapai kisaran Rp27.000 sampai Rp30.000 per ekor.

Komoditas lain yang juga sangat diperlukan masyarakat dalam bulan Ramadhan dan menyongsong Idul Fitri 1441 ini adalah gula pasir. Untungnya harga gula pasir ‘sedikit’ bisa berdamai, dibandingkan sebelumnya.

Menurut Rahman, pedagang sembako di Pasar Sentra Antasari, sebelum bulan puasa harga gula masih sangat tinggi, yaitu mencapai Rp20.000 per kilogram, namun sekarang sudah mulai turun, yaitu seiring dengan bertambahnya pasokan ke pasaran, yaitu berkisar antara Rp15.500 sampai Rp16.000 perkilogram.

“Selain banyaknya pasokan, kegiatan pembagian sembako gratis oleh banyak pihak, turun mempengaruhi penjualan keperluan bahan pokok di pasaran,” tambahnya.

Sedangkan ikan gabus, bila sebelum bulan puasa mencapai Rp100.000 perkilogram untuk ukuran satu kilo tiga ekor, saat ini sudah turun pada kisaran Rp40.000 sampai Rp50.000 per kilogram. (lia/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya