Dikmata Gel I TA. 2020 Kodam VI/Mulawarman Resmi Dibuka

Banjarbaru. KP – Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2020, resmi dibuka.

Dan sebanyak 398 siswa calon Tamtama mulai menjalani pendidikan di Secata Rindam VI/Mulawarman, Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (8/5/2020).

Kegiatan disesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, yakni menerapkan jaga jarak fisik, menghindari kerumunan, mengenakan masker dan sarung tangan.

Pembukaan dihadiri tidak lebih dari 30 orang, sementara para siswa berbaris rapi di sekitar lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman dengan tetap menjaga jarak satu sama lain, minimal lebih dari satu meter, dibatasi maksimal tidak lebih dari 30 orang.

Ada sebanyak 398 siswa yang akan menjalani Dikmata selama lima bulan ke depan, sejak Jumat 8 Mei hingga 24 September mendatang.

Dari total siswa yang mengikuti Dikmata, merupakan hasil rekrutmen seleksi reguler berdasarkan Sistem Zonasi dari Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto dalam sabutannya dibacakan Danrindam Vl/Mulawarman, Kolonel Inf Irwan Subekti,   mengatakan, para siswa Dikmata akan menjalani pendidikan selama 20 minggu.

Berita Lainnya

Wakil Walikota Banjarbaru Kunjungi Pelaku UMKM

1 dari 1.192
Loading...

Pendidikan dasar keprajuritan ini akan merubah pola hidup para siswa, dari masyarakat sipil menjadi prajurit yang memiliki sikap, perilaku, pola pikir dan berkarakter sebagai prajurit TNI AD.

Para prajurit siswa akan dibentuk menjadi seorang prajurit tamtama TNI AD yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang dibekali pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, serta ditunjang kondisi jasmani yang samapta.

Siswa diharapkan menjadi prajurit yang andal, mampu menjalankan tugas yang diberi oleh negara sebagai prajurit TNI AD yang dapat dibanggakan.

“Para siswa harus bisa menjalani pendidikan dengan baik, ikuti instruksi, petunjuk dan arahan para Gumil, pelatih dan pembina.

Tanamkan dan bulatkan tekad yang kuat agar mampu menjalani profesi dan karier sebagai prajurit TNI AD yang profesional yang akan menjadi kebanggaan keluarga, satuan dan masyarakat,” ujar Danrindam.

Kolonel Inf Irwan juga menyampaikan pesan Pangdam, para prajurit siswa Dikmata harus berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa selama menjalankan pendidikan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pangdam juga menekankan, dalam penyelenggaraan pendidikan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan Lemdik.

“Lakukan metode-metode yang telah ditentukan pimpinan TNI AD, dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, makan-makanan bergizi dan jaga kesehatan,” pungkas Pangdam. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya