Puluhan Warga Tapin Dapat Kartu Prakerja

Rantau, KP – Sebanyak 30 orang warga Tapin lulus verifikasi dan kini telah mendapatkan kartu prakerja dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tapin.

Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor secara resmi serahkan bantuan kartu prakerja bagi warga Kabupaten Tapin terdampak covid 19 yaang penyerahannya bertempat di Aula BNI Kantor Cabang Pembantu Rantau Kamis, (28/5/2020) kemarin.

Sebanyak 30 orang telah dinyatakan lulus verifikasi secara online dan difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin mendapatkan kartu prakerja.

Penyerahan bantuan kartu prakerja juga didampingi Pimpinan BNI Kantor Cabang Barabai dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin Hj Fauziah.

Penyerahan kartu prakerja merupakan bagian dari program pemerintah daerah untuk memajukan sumber daya manusia Indonesia.

“Harapannya dengan adanya kartu pra kerja dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan sekaligus mendapatkan pekerjaan,” jelas Wakil Bupati Tapin dalam sambutannya.

Berita Lainnya
1 dari 153
Loading...

Program kartu prakerja saat ini sudah selesai gelombang kedua yang jumlah penerima dan lulus verifikasi online sebanyak 30 orang.

Setiap pesreta akan mendapatkan uang senilai Rp 3.550.000,- dengan rincian sebagai berikut pertama untuk bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta rupiah, kedua insentif setelah pelatihan sebesar Rp 600.000 diberikan selama 4 (empat) bulan dan ketiga isentif survey ketenagakerjaan sebesar Rp 50.000 diberikan selama 3 (tiga) kali survey total Rp 150.000 per peserta.

Sekali lagi berharap adanya bantuan program kartu prakerja ini akan meningkatkan keterampilan bagi yang mendapatkannya dan ilmunya dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk pekerjaannya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Tapin Hj Fauziah melaporkan, program kartu prakerja dibuat oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perekonomian dan Kementerian Tenaga Kerja Dalam rangka membantu masyarakat yang di PHK dan mereka kesulitan mencari kerja.

Sementara persyaratan untuk mendapatkan kartu prakerja adalah WNI berusia 18 Tahun dan tidak dalam bersekolah dan kuliah.

“Awalnya program ini untuk pengangguran muda, namun mewabahnya covid 19, maka program ini diproritaskan bagi yang pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak covid 19,” katanya.

Hanya saja untuk mendapatkan kartu prakerja ini warga masyarakat mendaftar melalui via online, apabila dinyatakan lulus verifikasi online berhak mendapatkan kartu prakerja dan dananya disalurkan resmi melalui Bank BNI.

“Mudah-mudahan adanya kartu prakerja dapat menghasilkan suatu pekerjaan,” pungkasnya. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya