Sukamta Serahkan BLT 5 Di Desa Kacamatan Takisung

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut H. Sukamta serahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa Sabtu (16/5/2020) di lima titik desa pada Kecamatan Takisung yakni Desa Ranggang Dalam, Desa Benua Tengah, Desa Benua Lawas, Desa Kuala Tambangan dan Desa Tabanio.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sukamta didampingi Camat Takisung serta Kepala Desa di masing masing desa tersebut kepada masing masing tiga orang perwakilan penerima dari desa desa tersebut.

Diketahui ada 10 penerima dari Desa Ranggang Dalam, 20 penerima dari Desa Benua Tengah, 48 penerima dari Desa Benua Lawas, 24 penerima dari Desa Kuala Tambangan serta 65 penerima dari Desa Tabanio yang selama ini belum mendapat bantuan dari program pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta program bantuan Pemerintah Lainnya, sesuai kebijakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, BLT yang berasal dari dana desa disalurkan pada April-Juni 2020, yakni sebesar Rp600 ribu per bulan, dengan begitu setiap warga penerima akan memperoleh Rp1,8 juta untuk tiga bulan.

Sukamta dalam arahannya mengimbau agar para penerima bantuan tersebut dapat menggunakannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan tidak menggunakan untuk hal yang tidak perlu.

Berita Lainnya

Sekda Resmikan Koncab VIII PMII Tala

1 dari 227
Loading...

“Gunakanlah bantuan ini dengan bijak untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah, jangan digunakan untuk uang muka kredit sepeda motor,” imbau Kamta.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa pemerintah pusat telah menginstruksikan terkait dana desa agar dipergunakan untuk tiga hal yakni untuk penanganan covid-19, untuk padat karya serta BLT yang bertujuan untuk membantu keluarga yang saat ini kesusahan membeli bahan kebutuhan pokok, serta ada beberapa program bantuan pemerintah lainnya diantaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui APBD yang disalurkan pemerintah kabupaten Tanah Laut untuk warga lanjut usia (lansia), bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) serta bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Seluruh jaring pengaman sosial tersebut terus meluncur ke masyarakat di Kabupaten Tanah Laut agar jangan sampai ada rakyat Tanah Laut yang kelaparan,” ucap Kamta.

Ia juga mengimbau warga agar sementara waktu tidak bepergian ke wilayah zona merah yang saat ini memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena di wilayah tersebut sudah terjadi penyebaran covid-19 dengan transmisi lokal.

Kalaupun mendesak harus pergi ke wilayah tersebut agar melapor kepada kepala desa untuk dilakukan pemeriksaan di Puskesmas, selalu gunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, saya sudah memerintahkan jajaran terkait untuk melakukan rapid test secara besar besaran, sementara ini kami akan melakukan rapid test kepada 6500 warga Tanah Laut untuk dapat memisahkan warga yang reaktif dan non reaktif rapid test,” ujar Kamta.

Selain menyerahkan BLT di lima desa tersebut Sukamta juga menyerahkan bantuan sembako dari Anggaran Dana Desa (ADD) di Desa Benua Tengah, menandai salah satu rumah warga penerima program bantuan pemerintah di Desa Tabanio serta menyerahkan 435 kilogram beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk 87 kepala keluarga di Desa Kuala Tambangan. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya