Tim Tahura Data Kebun Swadaya Desa Artain

378

Martapura, KP – Artain adalah salah satu desa yang termasuk dalam kawasan konservasi Tahura Sultan Adam. Selasa (12 /5) tadi, tim Tahura Sultan Adam (SA) yang terdiri dari Kasi Pemanfaatan, Penyuluh Kehutanan dan Media, beranjak ke Desa Artain, untuk silaturahmi, sekaligus mendata kebun swadaya masyarakat.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 untuk mengikuti aturan pemerintah tidak boleh mengumpulkan orang banyak, sehingga hanya dihadiri oleh aparat desa dan perwakilan warga.

Kepala Tahura SA yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemanfaatan, A Raihanor mengatakan maksud kedatangan tim ke Artain bertujuan untuk mendata kebun swadaya masyarakat. Termasuk tanaman RHL di desa Artain untuk di tuangkan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Tahura SA tahun 2021 – 2031.

Berita Lainnya
Loading...

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut merupakan pendataan awal saja untuk memperoleh data riil di lapangan. Akan ada tahapan verifikasi terhadap penggarapan kebun, sampai semua warga bisa bermitra secara langsung dengan Tahura SA selaku pengelola kawasan.

“Hal yang sama akan dilanjutkan kepada desa desa dalam kawasan Tahura SA lainnya,” pungkas Raihan.

Kepala Desa Artain, Asmadi menyampaikan atas nama masyarakat, mereka sangat mendukung terhadap kegiatan Tahura SA. Demi kemajuan desa yang dalam segi pembangunan cukup ketinggalan dari desa desa lain.

“Sebagai kepala desa saya sangat bangga dengan kunjungan dan bentuk perhatian Dinas Kehutanan Kalsel dan Tahura SA. Bagi kami adalah suatu kehormatan atas kedatangan tim, apalagi sampai bermalam di desa kami,” tutur Asmadi. (adv/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya