Desa Tibung Raya Dilaunching Jadi Kampung Tangguh Banua 

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, menghadiri kegiatan dilaunchingnya Desa Tibung Raya menjadi Kampung Tangguh Banua, Senin (14/6/2020) di Kantor Desa Tibung Raya, Kecamatan Sungai Raya.

Desa Tibung Raya, dicanangkan oleh Kapolres HSS AKBP Siswoyo sebagai Kampung Tangguh Banua, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, diadakannya kampung tangguh banua itu dapat menjadikan daya jangkau penanganan dan pencegahan Covid-19. Sehingga pengawasanpun, juga makin mudah.

Achmad Fikry menekankan, dalam penanganan Covid-19, peran serta masyarakat melalui RT, RW dan Kepala Desa, serta tokoh masyarakat sangat diperlukan untuk menyadarkan masyarakat, agar selalu mematuhi protokol kesehatan. “Dengan adanya kampung tangguh banua ini, kita harap hal itu dapat terlaksana,” tuturnya.

Achmad Fikry juga mengimbau, masyarakat menggunakan segala media yang tersedia, untuk dapat menyebarkan imbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

“Banyak media dapat kita gunakan seperti langgar dan mesjid, setiap subuh dapat mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, agar saat beraktifitas selalu mematuhi protokol kesehatan,” sebutnya.

Berita Lainnya
1 dari 293
Loading...

Kapolres HSS, AKBP Siswoyo ?menuturkan, pencanangan kampung tangguh banua ditetapkan sebagai pilot project, yang melibatkan semua pihak dalam aksi nyata mencegah peyebaran Covid-19.

“Semua elemen masyarakat dilibatkan dalam pencegahan penyeraban Covid-19,” terang AKBP Siswoyo.

Siswoyo mengatakan, Kampung Tangguh Banua merupakan upaya bersama untuk membangun ketangguhan masyarakat secara mandiri, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di Kampung Tangguh Banua, akan diadakan posko Covid-19 yang akan dijaga oleh beberapa warga secara swadaya. Para warga itu, akan mengamankan kampungnya dari lalu-lintas orang keluar-masuk, serta akan selalu mengingatkan warganya untuk mematuhi protokol kesehatan, guna menekan dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kampung Tangguh Banua diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, serta membangun semangat solidaritas antar warga masyarakat, untuk secara bersama-sama peduli menjaga wilayahnya di masa pandemi ini.

Tersedia pos check point Covid-19, gudang lumbung pangan, rumah singgah sebagai tempat isolasi, dan juga dapur umum di Kampung Tangguh Banua itu.

Usai pencanangan, Bupati Achmad Fikry, Kapolres HSS, AKBP Siswoyo, Dandim 1003/ Kandangan, Letkol Arm Dedy Soehartono, menijau posko pelayanan, seperti rumah singgah (tempat karantina), dapat umum, kolam ikan, dan posko. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya