Menurun Bayar Santunan Jasa Raharja

Banjarmasin, KP – Di tengah Covid-19, banyak perusahaan bahkan lembaga yang melakukan penyesuaian, baik internal maupun eksternal Tak terkecuali BUMN PT Jasa Raharja Cabang Kalsel, yang memaksimalkan layanan digital.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan M Zulham Pane kepada wartawan Senin,  mengungkapkan perusahaan saat ini memang harus beradaptasi dan memaksimalkan proses operasional digital menggunakan infrastruktur yang telah dikembangkan.

Beberapa diantaranya, misalnya melayani pengajuan klaim secara online, langkahnya, cukup lapor ke kepolisian dan selanjutnya Jasa Raharja yang menjalankan.

“Bahkan kami melakukan secara jemput bola, sehingga masyarakat tidak lagi repot-repot datang ke Kantor Jasa Raharja,’’katanya.

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Zulham juga mengungkapkan, pada semester pertama tahun 2020 ini telah menyerahkan santunan sebesar Rp 9.3 milyar dengan adanya pandemi ini mengalami penurunan sebesar 14,26  persen atau sebesar Rp 1,5 milyar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 sebesar 10,8 milyar.

Penurunan jumlah dana santunan, kemungkinan dikarenakan berkurangnnya aktivitas masyarakat di luar rumah , ini terjadi sekitar bulat Maret sampai Bulan Mei 2020, sehingga mobilitas kendaraan di Jalan Raya berkurang, juga aktifitas para mahasiswa dan Siswa yang melakukan pembelajaran lewat Daring.

Ini berdampak angka kecelakaan menurun, walaupun  juga masih ada terjadi kecelakaan ,tetapi yang kita terima dari pihak Kepolisian hanya  ada peningkatan pada luka-lukanya.

Tetapi aktifitasnya secara rata rata nya menurun dari tahun kemarin yakni sebesar Rp 6, 4 milyar yang meninggal dunia, dimana tahu kemarin  pada periode yang sama sebesar Rp 8, 6 milyar, sehingga  turun Rp1,1 milyar. Adanya penurunan santunan ini,  tidak mengganggu kinerja Jasa Raharja Kalsel, kinerja tidak terganggu dengan adanya pandemi ini.

Lebih lanjut Zulham juga menyampaikan, dimasa pandemi saat ini Jasa Raharja bersama Tim Pembina Samsat menghimbau pada pemilik kendaraan memenuhi kewajibannya di Kantor Bersama Samsat, selain itu juga masyarakat dapat memanfaatkan channel pembayaran pajak Kendaraan Bermotor , SWDKLLJ dan Registrasi kendaraan melalui Samsat Online Nasional (Samolnas ) dan e-samsat. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya