Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Utara

Tahun 2020, Mesin Pengolahan Sampah Juara TTG

×

Tahun 2020, Mesin Pengolahan Sampah Juara TTG

Sebarkan artikel ini
LOMBA TTG – Di HSU. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam upaya meningkatkan kreatifitas dan inovasi masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah (DPMPD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada thun 2020 ini kembali menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kali ini lomba TTG diikuti sebanyak 16 peserta baik dari kelompok masyarakat, pelajar maupun guru yang mengikutsertakan hasil karya mereka. Lomba pada tahun ini nampaknya didominasi pelajar yang turut menciptakan kretaivitasnya.

Android

Dari hasil karya yang dibuat tersebut, lomba TTG pada tahun ini adalah hasil karya berupa alat Mesin Pirolis atau Mesin Pengelolah Sampah 3 in 1

Plt Kepala DPMPD HSU, Rijali Hadi SSTP pada tahun 2020 ini pihaknya kembali menggelar kegiatan TTG yang diikuti sebanyak 16 peserta dengan tujuan memicu minat masyarakat untuk menciptakan sebuah teknologi sesuai kearifan lokal HSU ataupun teknologi yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

“Tema tahun ini kita mengangkat tema lomba ‘Melalui Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kita Tingkatkan Kota Amuntai Yang Kreatif Produktif dan Berdaya Saing Yang Berbasis Inovasi,’’ terang Rijali.

Diharapkan melalui lomba ini masyarakat bisa berkreasi dan berinovasi terhadap teknologi, semakin kreatif, produktif dan inovatif memajukan daerah, lanjutnya saat dihubungi.

Lebih lanjut Rijali menenambahkan melalui teknologi sesuai dengan kearifan local, seperti alat penggiling pakan ternak yang murah dan mudah diaplikasikan oleh masyarakat khususnya peternak baik unggas dan ikan.

“Untuk lomba sendiri para peserta terbuka untuk umum baik warga desa, individu dan kelompok, pengajar dan siswa”, lanjutnya.

Pada tahun ini alat Mesin Pirolis atau Mesin Pengelolah Sampah 3 in 1 oleh Irhamudin yang merupakan pengajar di SMKN 2 Amuntai menjadi pememang setelah melalui beberapa tahapan seleksi. (nov/K-6)

Iklan
Iklan