Peringatan Hari Pramuka ke – 59 Digelar Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Banjarmasin, KP – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banjarmasin menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke – 59 di halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (28/08/2020).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan didampingi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarmasin, Irwan Anshari tersebut, digelar sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan CoVID-19. 

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah bagi anggota Pramuka yang berhasil memenangkan lomba dalam rangkaian untuk memeriahkan hari Pramuka yang jatuh tepat pada 14 Agustus kemarin.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarmasin, Irwan Anshari mengemukakan, lomba-lomba yang diadakan tersebut semuanya bersifat virtual. Mengingat kondisi CoVID-19 yang saat ini terjadi tak memungkinkan untuk tatap muka langsung. 

“Lomba-lomba yang diadakan secara virtual. Ada lomba pembacaan UUD, dasa darma. Sedang kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, seperti jambore, dan perkemahan ditiadakan,” ujarnya.

Irwan menuturkan, gerakan Pramuka juga turut terlibat langsung dalam upaya penanggulangan dampak CoVID-19. Salah satunya dengan melakukan pemberian bantuan kepada anggota yang kurang mampu.

“Kemarin kerjasama denah Kwarda Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan kepada  anggota Pramuka yang kurang mampu berupa paket sembako. Juga pembagian masker. Yang saat itu langsung dilaksanakan Ketua Kwarda,” jelas.

Berita Lainnya
1 dari 1.413
Loading...

Selain itu, mengingat banyaknya para guru yang tergabung dalam gerakan Pramuka, maka pihaknya juga berinisiatif untuk berperan serta dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan CoVID-19 bagi siswa, walaupun hanya dilakukan secara daring.

“Karena di pramukaan banyak guru, kami meminta menyampaikan protokol kesehatan secara daring. Diharapkan pandemi bisa segera selesai agar bisa kembali seperti sedia kala,” imbuhnya.

Adapun Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, peringatan Hari Pramuka ke – 59 yang diadakan Kwarcab Banjarmasin merupakan bagian dari peringatan nasional yang sebelumnya dilaksanakan secara virtual oleh gerakan Pramuka pusat beberapa waktu lalu.

Meski di Banjarmasin digelar secara langsung alias offline, namun kegiatan tahunan ini tak seperti biasanya. Dimana jumlah peserta dan undangan dibatasi, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Di Banjarmasin dilaksanakan secara offline. Tetapi dengan terbatas sekali. Bisanya penuh halaman. Ini yang hadir perwakilan kwarcab, ranting dan para juara lomba. Dengan pengaturan jarak,” jelasnya.

Yang terpenting, Ibnu berpesan kepada para anggota Pramuka untuk turut andil di segala sektor dalam penanggulangan CoVID-19. “Pramuka juga harus ikut berperan, dalam menanggulangi CoVID-19 baik dampak kesehatan, sosial, maupun ekonomi,” harapnya.

Peran serta itu bisa diwujudkan dengan cara menerapkan nilai-nilai kepramukaan yang telah diajarkan. Seperti bersikap jujur, cermat dan hemat. Serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka, dan Dwi Satya.

“Diharapkan dalam kondisi seperti ini Nilai-nilai kesetiakawanan, jujur hemat, cermat, termasuk dalam Dasa Darma Pramuka, dan Dwi Satya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tukasnya. (syah/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya