DPRD Kapuas Sambut Baik Adanya Pelatihan Berbasis Kompetensi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Thosiba Limin.

KUALA KAPUAS, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Thosiba Limin, sangat menyambut baik adanya pelatihan kejuruan menjahit dan desain grafis yang dilaksanakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja setempat.

“Pelatihan berbasis kompetensi tahun 2020 yang di laksanakan ini, sangat baik dan berguna serta bermanfaat bagi masyarakat kita, sehingga nantinya bisa terserap menjadi tenaga kerja yang terampil dan handal di bidang mereka masing masing,” kata Thosiba Limin, di Kuala Kapuas, Jumat (11/9).

Selain itu juga, dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kabupaten Kapuas, serta bisa membuka usaha sendiri atau menjadi tenaga kerja terampil dan kompeten yang siap mengabdi di dunia usaha maupun dunia kerja.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, sangat mendukung program pelatihan yang diadakan oleh BLK Disnekar Kapuas, dalam rangka menciptakan atau membuka lapangan pekerja bagi masyarakat lokal di daerah setempat.

Berita Lainnya
1 dari 111
Loading...

“Kalau sudah memiliki keterampilan dan kompeten dibidang masing-masing, tentu ini bisa memberikan peluang bagi mereka membuka usahanya sendiri,” katanya.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, juga berharap program pelatihan berbasis kompetensi ini, tidak hanya adanya pelatihan kejuruan menjahit dan desain grafis saja, namun juga adanya pelatihan dibidang lainnya seperti tata rias, otomotif, las, memasak dan sebagainnya.

“Kita harapakan pelatihan ini bisa membawa manfaat dan berguna bagi masyarakat Kapuas, khusus bagi mereka yang mencari pekerjaan,” harap Thosiba Limin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas, Raison mengatakan, pelatihan berbasis kompetisi ini sudah menjadi agenda tahunan dilaksanakan pihaknya. Namun semenjak maraknya penyebaran virus corona atau COVID-19, pelatihan sempat terhenti selama tiga bulan, karena harus mengikuti protokol kesehatan.

“Kini kita kembali melajutkan lagi pelatihan, namun kita tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah pelatihan, menjaga jarak dan menggunakan masker,” kata Raison.

Dikatakannya, untuk peserta yang telah selesai melakukan pelatihan akan dibekali dengan Sertifikat Uji Kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP bila para peserta bisa lulus tahapan Uji Kompetensi atau UJK, sehingga pelatihan selesai.

“Bagi calon pencari kerja yang berminat mengikuti pelatihan khususnya untuk masyarakat Kabupaten Kapuas bisa mendaftarkan diri di Kantor UPTD BLK Kapuas Jalan Jepang Kuala Kapuas atau dapat mencari info di media sosial facebook UPT balai latihan kerja Kapuas,” demikian Raison. (Al)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya