Gubernur Bantu Korban Banjir Gunakan Helikopter

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran melakukan gerak cepat untuk membantu korban banjir. Korban yang tidak sulit dijangkau lewat jalur darat atau jalur air, diupayakan melalui jalur udara yaitu menggunakan helicopter.

PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengakui saat ini daerahnya sedang berduka karena dilanda tiga bencana besar, yaitu pandemi COVID-19, Karhutla, dan banjir .

Hal itu disampaikan gubernur kepada pers saat melakukan pelepasan simbolis bantuan sosial korban banjir melalui jalur udara, Kamis (17/9), di VIP Isen Mulang Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya.

Gubernur Kalteng Melakukan Pelepasan Simbolis Bantuan Sosial Korban Banjir Melalui Jalur Udara

Bantuan yang disalurkan berupa paket sembako menggunakam tiga unit helikopter water bombing BNPB yang diberangkatkan ke beberapa Kabupaten untuk membawa bantuan bagi korban banjir di beberapa daerah terisolir di Kalteng.

Penyaluran bantuan Gubernur yang diditribusikan melalui jalur udara, antara lain Kabupaten Katingan berjumlah 1.369 paket sembako, masing-masing untuk Kecamatan Katingan Hulu 175 paket sembako, Kecamatan Marikit berjumlah 76 paket sembako dan Kecamatan Sanaman Mantikei berjumlah 1.118 paket sembako.

Untuk Kabupaten Kapuas berjumlah 557 paket sembako yang didistribusikan di Kecamatan Mandau Talawang. Sedangkan, untuk Kabupaten Murung Raya berjumlah 15 paket sembako yang didistribusikan di Kecamatan Permata Intan.

Berita Lainnya
1 dari 302

Secara keseluruhan paket sembako yang dibagikan di 3 Kabupaten berjumlah 1.941 paket sembako. Bantuan yang dibawa dan didistribusikan menggunakan helikopter yakni untuk wilayah yang sulit terjangkau tranportasi darat.

Distribusi bantuan sosial untuk masyarakat terdampak banjir sudah dilakukan sejak tanggal 15 September 2020. Total sembako yang disalurkan untuk korban banjir di Kalteng berjumlah 20.000 paket sembako.

Diungkapkan upaya ini akan terus berlanjut apabila banjirnya lama. Andaipun ada dampak yang luar biasa dirasakan akibat banjor baik dari segi kesehatan, untuk makan sehari-hari, kami akan siapkan karena ini kewajiban Pemerintah”, tutur orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini.

Penyerahan bantuan dilakukan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, kepada tim penyalur d lapangan. Hadir pada kegiatan itu antara laib Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Mukri, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalteng Yuren S . Bahat.

Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto,Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalteng Shalahuddin, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Dan Pemadam Kebakaran Prov. Kalteng Darliansjah, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Mofit Saptono Subagio.

Secara terpisah Kepala BMKG Kalteng Catur Winarni mengakui banjir di sejumlah wilayah di Kalteng antara lain disebabkan La Nina lemah, dan pertemuan tiupan angin dari arah Selatan.

Diakuinya, intensitas dan curah hujan mencapai 170-200 mm perbulan, terutama wilayah utara Kalteng seperti Katingan Hulu dan lainnya, sehingga mempengaruhi debit dan daya tampung sungai. (drt/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya