Pemkab Siap Bangun Jembatan Hubungkan Tiga Desa Aranio

Martapura, KP – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar berencana membangun jembatan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Aranio. Esensinya guna memberi kemudahan akses bagi masyarakat setempat.

Plt Kadis PUPR Banjar Ir HM Hilman ST MT mengatakan, pembangunan satu unit jembatan tersebut bakal menghubungkan tiga desa dari seberang, yakni Desa Apuai menuju Benua Riam dan Artain.

”Pembangunan jembatan tersebut memang berdasarkan usulan masyarakat melalui musrenbang 2019. Kami rencanakan pembangunan fisiknya dimulai 2021 depan,” katanya.

Tahun ini, lanjut Sekda Banjar ini, dilakukan survei kelayakan dan akan dinilai biayanya serta skema pelaksanaannya nanti akan seperti apa. Adapun jembatan tersebut nantinya bakal dimanfaatkan sekitar 5000 penduduk di tiga desa tersebut.

Berita Lainnya

Pilkada Jangan Jadi Ajang Penularan Covid

Raudathul Resmikan TK Alquran

1 dari 352
Loading...

”Disamping itu ada SMP di Benua Riam, yakni SMPN 3 Aranio yang berada di pulau, tentunya akan lebih mudah dijangkau masyarakat desa dari pulau lain dengan adanya fasilitas tersebut,” katanya.

Dengan mudahnya transportasi warga, sambungnya, diharap dapat meningkatkan pelayanan dan indeks pendidikan masyarakat sekitar menjadi lebih baik. Tidak kalah pentingnya tentu harapan anak-anak warga sekitar juga bisa lebih tinggi.

”Mengingat akses ke sekolah lebih mudah,” tandasnya.

Terkait panjang jembatan yang nantinya akan menghubungkan dua pulau ini, menurut Hilman, bentangnya cukup panjang, karena melintasi anak dari waduk Riam Kanan. Lebar jembatan nanti akan dibuat untuk muat angkutan pick up dengan konstruksi kayu kelas satu.

”Disamping jembatan, juga direncanakan dibangun jalan sekitar 15 kilometer untuk membuka akses penghubung jembatan ke pemukiman warga,” pungkasnya. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya