Bawaslu Bakal Tegas Berlakukan Prokes Demi Kelancaran Pilkada 2020

Pelaihari, KP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanah Laut (Bawaslu Tala) menegaskan akan bersikap tegas dalam memberlakukan protokol kesehatan (prokes) terkait kampanye terbuka. Bahkan dijelaskan pula pihak Bawaslu menetapkan peserta kampanye maksimal 50 orang.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi kelompok kerja (pokja) pencegahan dan penanganan pelanggaran prokes Covid-19 dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bertempat di Ruang Rapat Bawaslu Kabupaten Tala, pada Rabu (21/10/2020).

Gunawan juga mengungkapkan, pihaknya telah membentuk pokja. Pembentukan pokja itu merupakan instruksi Bawaslu RI yang bakal bertugas melakukan pencegahan setiap pelanggaran protokol kesehatan, edukasi, koordinasi, hingga penertiban atau penindakan di lapangan.

Tim terpadu itu, lanjut dia, melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan mulai dari Bawaslu Tala, TNI/Polri, Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Dinas Perhubungan serta Satpol PP Kabupaten Tala.

Berita Lainnya
1 dari 273

“Pilkada yang akan digelar pada masa pandemi Covid-19 ini harus tetap berjalan dengan baik, namun keselamatan rakyat harus tetap dilindungi, untuk itu kita bersama-sama berkoordinasi untuk menjalankan pokja prokes Covid-19,”ungkap Ketua Bawaslu Tala.

Sementara itu, Bupati Tala yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala, Dahnial Kifli, menyebut jika rakor prokes Covid-19 yang baru dilakukan pertama kali ini, untuk memantapkan koordinasi pokja dalam penanganan Covid-19. Agar pelaksanaan masa kampanye pilkada berjalan degan tertib dan lancer, terutama keselamatan masyarakat dari bahayanya Covid-19.

“Masing-masing anggota sudah memberikan masukan dan saran agar penanganan dan pengawasan prokes pada masa kampanye pilkada di Kabupaten Tala tidak menimbulkam klaster-klaster baru,” terangnya.

Turut berhadir pada saat rakor tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tala,perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tala, perwakilan dari Satpol PP Kabupaten Tala serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya