Bupati Buka Latsar CPNS Pemkab HSS Secara Daring

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry membuka secara resmi pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS angkatan I dan II tahun 2020.

Latsar untuk CPNS golongan 3 formasi tahun 2018 itu dibuka, Selasa (27/10/2020) di Gedung 2 Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) Kabupaten HSS. Ditandai dengan penyerahan kartu tanda peserta oleh Bupati, kepada perwakilan peserta, yang dilanjutkan pembacaan sumpah CPNS.

Kepala BKD Diklat Kabupaten HSS Zulkipli mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS yang berkenan hadir pada kegiatan pembukaan Latsar itu. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel beserta jajaran, yang dapat berhadir mengikuti kegiatan itu secara daring.

Zulkipli menerangkan, Latsar itu diikuti sebanyak 80 orang yang dilaksanakan 2 angkatan, dengan jumlah masing-masing angkatan 40 orang.

Pembukaan Latsar dilaksanakan secara langsung, dengan perwakilan yang hadir per angkatan 10 orang. Sebanyak 60 orang lainnya mengikuti secara daring, untuk antisipasi penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Dasar pelaksanaan jelasnya adalah peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017, peraturan Kepala Lan RI nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar CPNS, dan surat edaran Kepala Lan RI nomor 10/K.1/HKM.02.3/2020 tentang panduan teknis penyelenggaraan pelatihan dalam masa pandemi Covid-19.

Latsar itu dilaksanakan bertujuan untuk mewujudkan PNS yang memiliki komptensi dan moralitas tinggi.

Dilaksanakan mulai 27 Oktober sampai 23 Desember 2020. Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran dominan dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom dan google classroom.

Peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan, yang kemudian berdasarkan evaluasi yang dinyatakan berhasil lulus, akan  diberikan surat tanda telah mengikuti Latsar.

Berita Lainnya
1 dari 340

Latsar CPNS merupakan salah satu amanah undang-undang, yang wajib dilakukan sebagai prasyarat bagi perubahan status dari CPNS menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Latsar yang dilaksanakan BKD Kabupaten HSS itu harus dilaksanakan, karena syarat untuk menjadi PNS harus ada sertifikat pendidikan Latsar. 

“Meskipun pandemi covid-19, kita sudah dapat izin dari BPSDMD Provinsi Kalsel dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) bahwa kita bisa melaksanakan secara daring,” ungkapnya.

Meski dilakukan secara daring pesan Achmad Fikry, diharapkan tidak mengurangi makna dari pendidikan Latsar untuk membentuk karakter dan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peserta Latsar sebentar lagi akan menjadi ASN, ia meminta harus sudah punya komitmen untuk disiplin.

“Serta mempersiapkan diri menjadi pelayan masyarakat, bukan dilayani masyarakat. Sehingga mindsetnya melayani, CPNS yang baru akan menjadi ASN yang berpikir apa yang harusnya dikerjakan, bukan apa adanya,” harapnya.

Hal itu, sehingga muncul inovasi-inovasi baru dan kreatifitas-kreatifitas baru untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

Sebagai Penjabat Pembina Kepegawaian Daerah, Achmad Fikry mendoakan CPNS bisa lulus semua sehingga menjadi PNS.

Kegiatan itu turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS Siti Zainab dan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda HSS Muhammad Thaha. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya