Pemkab HSS Rakor Kesiapan Pilkada dengan Protokol Kesehatan

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan rapat koordinasi (Rakor), terkait kesiapan dalam menghadapi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Senin (5/10/2020) di Aula Ramu, Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS. 

Rakor itu dipimpin Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, diikuti stakeholder terkait terutama Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten HSS, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten HSS.

Pada rakor itu, dibahas terkait sejauh mana kesiapan penyelenggara, terutama KPU dan Bawaslu Kabupaten HSS dalam menghadapi Pilkada, yang rencana dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku, ingin memastikan semua anggota Tim Satgas Covid-19 bersiap menghadapi Pilkada, agar dilaksanakan dengan tetap mengedepankan penggunaan protokol kesehatan di masyarakat.

Achmad Fikry mengatakan, Kabupaten HSS mungkin daerah yang tidak terlalu riskan, karena hanya melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Tetapi ujarnya, hal itu tetap perlu diantisipasi lebih dini, terutama saat teknis pelaksanaan tahapan sosialisasi dan kampanye.

Berita Lainnya
1 dari 317

Sebab terangnya, dalam keseharian saja kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan protokol kesehatan tetap harus ditegakkan. “Apalagi menghadapi Pilkada yang akan datang, tentu lebih diwaspadai lagi,” tambahnya. 

Pada kesempatan itu, Bupati Achmad Fikry juga menginstruksikan jajarannya, agar ikut membantu mensosialisasikan aturan yang akan diberlakukan khusus menghadapi Pilkada kali ini.

“Agar masyarakat baik tim sukses dari masing-masing peserta Pilkada, maupun masyarakat pemilih mengetahui untuk selanjutnya tidak melanggarnya,” jelasnya. 

Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Rahmadina menyampaikan, Peraturan KPU saat ini sudah diperbaharui sehubungan menghadapi Pilkada ini. Ada beberapa ketentuan baru yang mesti dilaksanakan, khususnya berkenaan dengan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Lalu, Bawaslu Kabupaten HSS saat ini juga sudah membentuk kelompok kerja (Pokja), yang tugasnya khusus menangani pengawasan dan mengawal penggunaan protokol kesehatan selama Pilkada dilaksanakan. Komposisinya, terdiri dari lintas instansi dan kesatuan yang ada di daerah.

Pada Rakor itu, turut hadir Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Kasdim 1003 Kandangan dan Perwakilan Kejari HSS. Sementara dari Pemkab HSS, hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Noor dan beberapa Kepala SOPD terkait. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya