Perda Tidak Dilaksanakan Terancam Dicabut

Banjarmasin, KP – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Banjarmasin, Arufah Arief mengatakan, akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah Peraturan Daerah (Perda).

” Masalahnya, karena ada beberapa Perda dalam penerapannya tidak dilaksanakan dengan baik oleh pihak Pemko Banjarmasin,” kata Arufah Arief.

Kepada KP Kamis (22/10/2020) mencontohkan, beberapa Perda yang dinilai perlu dievaluasi diantaranya Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Perda tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol serta Perda tentang Izin Retribusi Tempat Usaha yang mengatur minuman yang bisa memabukkan tersebut.

Kemudian Perda tentang Pembetukan Perusahaan Daerah (PD) Pasar dan Perda Pendirian Bank Perkreditan Rakyat Kota Banjamasin.

Padahal ungkap Arufah Arief, kedua Perda yang disampaikan pihak Pemko Banjarmasin ini sudah empat tahun lalu disahkan. Namun sampai sekarang kedua Perda itu belum dilaksanakan.

Berita Lainnya
1 dari 1.852

“Terakhir pendirian PD Pasar khabarnya tidak disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehingga Perdanya perlu dievaluasi dan tidak menutup kemungkinan dicabut,” ujar Arufah.

Ia juga mengatakan, Bapemperda akan berkoordinasi dengan Bagian Hukum Pemko Banjarmasin untuk mengevaluasi Perda-Perda yang tidak berjalan maksimal.

Arufah menyayangkan, tidak maksimalnya penerapan sejumlah Perda ini. Padahal tandasnya, antara eksekutif dan legislatif punya komitmen yang sama untuk menata dan mengatur hal- hal yang dipandang perlu melalui sebuah Perda.

“Namun sekali disayangkan dalam pelaksanaan dan penerapannya tidak diimplementasikan secara nyata, sehingga perlu dievaluasi kembali, bahkan tidak kemungkinan dicabut. ” tandasnya.

Arufah mengatakan, pencabutan Perda, selain tidak bisa dilaksanakan juga dimungkinkan karena sudah tidak sesuai lagi perkembangan dan kondisi saat ini atau karena tidak sesuai dengan aturan yang lebih tinggi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya