Plt.Gubernur Tinjau Uji Coba Budidaya Bawang Merah

Budidaya Bawang Merah di Desa Trahean, Kabupaten Barito Utara, merupakan Demonstration Plot atau Proyek percontohan untuk pengendalian inflasi akibat komoditas food khususnya bawang merah dengan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok tani dalam hal budidaya bawang merah .

BARITO UTARA, KP — Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Barito Utara, dalam rangka meninjau pengembangan uji coba tanaman bawang merah dan Irigasi tersier yang berada di Desa Trahean, Kabupaten Barito Utara, Rabu (21/10/2020).

Pengembangan Tanaman Bawang Merah di Desa Trahean, Kabupaten Barito Utara merupakan kerjasama Pemprov Kalteng dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng.

Pelaksanaan Budidaya Bawang Merah merupakan Demonstration Plot atau Proyek percontohan yang bertujuan untuk pengendalian inflasi yang diakibatkan komoditas food khususnya bawang merah dengan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok tani dalam hal budidaya bawang merah .

Melalui binaan budidaya agar dapat berhasil dan memenuhi kebutuhan bawang merah dari sisi supply. Varietas bawang merah yang dikembangkan antara lain varietas Bauji dan varietas Bima Brebes.

Habib Ismail Bin Yahya menyatakan harapannya agar Kabupaten Barito Utara bisa menjadi sumber produksi bawang merah di Kalteng.

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah saat mendampingi Plt. Gubernur, menjelaskan pengembangan tanaman bawang merah ini guna menjaga inflasi yang ada di Daerah dan menumbuhkan ketahanan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Usai meninjau tanaman bawang merah, Plt. Gubernur Kalteng, selanjutnya meninjau pengembangan peternakan sapi yang masih dalam satu kawasan. Rangkaian kunjungan diakhiri dengan dialog Plt. Gubernur Kalteng dengan masyarakat petani di pondok pertemuan Trans Bangdep.

Berita Lainnya
1 dari 361

Dalam rangkaian tersebut, dilakukan penyerahan tanda daftar varietas unggul lokal “Padi Talun Koyem” atas nama Kementerian Pertanian dalam hal ini diwakili Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng kepada Bupati Barito Utara disaksikan oleh Plt. Gubernur Kalteng.

Ditempat yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan Alsintan berupa mesin panen padi sebanyak 5 unit kepada kelompok tani di 5 Desa yaitu Dusun Transbangdep, Trinsing, Baliti, Trahaen dan Rarawa. Penyerahan Cultivator sebanyak 11 unit kepada kelompok tani di 6 Desa/Kelurahan yaitu Desa Trahean, Kelurahan Melayu, Desa Batu Raya I, Desa Tongka, Mampuak 1 dan Mampuak 2.

Berikutnya diserahkan mesin panen jagung sebanyak 5 unit kepada kelompok tani di 5 Desa yaitu Desa Tongka, Mampuak 1, Mampuak 2, Rimba Sari dan Batu Raya I. Penyerahan pompa air kepada kelompok tani di 2 Desa yaitu Desa Lemo dan Kelurahan Melayu.

Tak hanya itu ada lagi penyerahan alat tanam jagung sebanyak 8 unit kepada kelompok tani di 2 Desa yaitu Desa Batu Raya 2 dan Desa Sei Liju. Penyerahan Bibit Porang sebanyak 1.200 Kg kepada kelompok tani di 2 Desa yaitu Desa Batu Raya I dan Desa Batu Raya II.

Masih ada pula penyerahan saprodi optimasi lahan rawa serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) berupa hibrida 1.290 Liter, NPK Cair 860 Liter, pupuk cair 2.150 liter, pestisida 430 botol dan fungisida 1.720 botol kepada 14 kelompok tani dengan luas 728 Hektar di 9 Desa yaitu Dusun Transbangdep Desa Bintang Ninggi 1, Desa Trahean, Desa Majangkan, Desa Baliti, Desa Ketapang, Kelurahan Montallat II, Kelurahan Tumpung Laung I, Kelurahan Tumpung Laung 2 dan Desa Pepas.

Bibit lengkeng sebanyak 800 pohon kepada kelompok tani di 10 Desa yaitu Desa Hajak, Desa Lampeong 1, Desa Lampeong 2, Desa Batu Raya 1, Desa Batu Raya 2, Desa Malateken, Desa Pangkuh Raya, Desa Liang Naga, Desa Benangin dan Desa Mampuak 2 juga ikut diserahkan.

Terakhir, penyerahan bantuan probadi Bupati Barito Utara berupa bibit jahe sebanyak 200 pohon dengan pupuk saprodi lainnya dan obat-obatan lengkap kepada kelompok tani Muntak Jaya Dusun Muntak Jaya Desa Tongka.

Plt. Gubernur didampingi Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani dan Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi. Kunjungan Plt. Gubernur juga didampingi Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, serta anggota Forkopimda setempat dan kepala Perangkat Daerah terkait. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya