Ribuan Rumah Tak Layak Huni Sejak 2014 Sudah Diperbaiki  

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) terus menyalurkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS), sudah 4.583 buah rumah masyarakat tak layak huni diperbaiki dari program bantuan itu sejak 2014.

Sebagai bukti perhatian dan keseriusan terhadap kesejahteraan masyarakat, Pemkab HSS terus menyalurkan bantuan, terlebih bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya bantuan PRS.

PRS merupakan program Bupati HSS, yang sudah dijalankan sejak tahun 2014 sampai sekarang. Program itu merupakan bagian dari visi-misi kepemimpinan Bupati HSS Achmad Fikry, yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

Program itu pada 2017 lalu, masuk dalam top 99 pelayanan publik, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Bahkan 2020 ini, masuk dalam top 45 terbaik inovasi pelayanan publik di Indonesia.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, walaupun masa pandemi Covid19 ini, bantuan PSR tetap disalurkan. “Sebab, program-program yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, anggarannya tidak direfocussing,” jelasnya, Selasa (29/9/2020) kemarin. 

Berita Lainnya

Jembatan Loklahung HSS Selesai Desember

1 dari 318

Secara bertahap rumah masyarakat Kabupaten HSS tak layak huni diperbaiki, tahun 2020 ini total sebanyak 207 keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat gilirannya.

Setiap KPM akan mendapatkan dana bantuan sosial PRS sebesar Rp 13.900.000. Dana itu untuk biaya bahan material rumah, pembuatan WC, upah tukang dan biaya gotong royong.

Dana disalurkan secara non tunai melalui rekening KPM yang bersangkutan, sedang untuk pengerjaan akan dilakukan secara gotong royong oleh warga masyarakat sekitar KPM berada. Namun untuk penyelesaian akhirnya, akan dikerjakan tukang terampil dengan target penyelesaian selama 1 bulan.

“Bantuan PRS yang di salurkan Pemkab HSS ini, dirasa sangat besar manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Achmad Fikry di ruang Media Center Kantor Setda HSS, saat menjadi narasumber talkshow secara daring, yang diselenggarakan salah satu perusahaan media di Kalsel.

Mengikuti talkshow daring itu, Bupati Achmad Fikry  didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS Nordiansyah. Ia memaparkan berbagai hal terkait Bantuan PRS yang disalurkan, serta berbagai hal mengenai pemukiman di Kabupaten HSS. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya