Tinjau IVA dan Sadanis
Ketua PKK HSS Harap Para Wanita Terhindar Kanker Payudara dan Rahim

Kandangan, KP – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Isnaniah Achmad Fikry meninjau kegiatan inspeksi visual asam asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara secara klinik (Sadanis), Selasa (13/10/2020) di Puskesmas Wasah, Desa Wasah Hulu, Kecamatan Simpur.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, turut mendampingi dalam peninjauan itu. Pemeriksaan itu dilaksanakan tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Puskesmas Wasah.

IVA test dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks, dan hanya bisa dilakukan oleh dokter kandungan atau tenaga kesehatan lain yang kompeten agar penegakan diagnosisnya tidak keliru. Sedangkan Sadanis adalah pemeriksaan payudara klinis, yang juga dilakukan oleh petugas kesehatan.

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah Achmad Fikry mengatakan, IVA test dan Sadanis dilaksanakan setiap tahun untuk tiap Kecamatan di Kabupaten HSS. “Meskipun tahun ini terjadi pandemi Covid-19, Alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan IVA test dan Sadanis disemua kecamatan se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 315

Isnaniah berharap, dengan pemeriksaan itu para wanita di Kabupaten HSS bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim.

Ketua TP PKK Kecamatan Simpur Septia Lisdawati menjelaskan, pemeriksaan itu diikuti para wanita dari tiap desa se-Kecamatan Simpur. Tiap desa diikuti sebanyak 15 orang, dan dilakukan secara bertahap.

“Semoga ke depannya semakin banyak wanita Indonesia, khususnya wanita di usia produktif wilayah Kecamatan Simpur tetap sehat dan dijauhkan dari penyakit kanker payudara dan kanker rahim,” harapnya.

Septia Lisdawati menerangkan, penyuluhan kesehatan ada di nomor 7 dalam 10 program pokok PKK di Kelompok Kerja (Pokja) IV. Di dalamnya ada kegiatan IVA Test yang diperiksa oleh bidan, dan penyuluhannya dilaksanakan oleh PKK.

Seorang warga Desa Ulin, Mariati mengaku sedang dengan adanya penyuuhan dan pemeriksaan itu. Dijelaskannya, ia mengikuti pemeriksaan itu karena ingin mengetahui kesehatan, supaya mengetahui gejala penyakit. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya