Bupati Barsel: 5 Faktor Pengaruhi Pemahaman Politik

Buntok, KP – Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, Selasa 24 November 2020 meminta kepada masyarakat secara umum harus bisa tunjukan sikap partisipatif terhadap politik, khususnya di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 9 Desember 2020. 

Menurutnya ada lima faktor yang sangat dominan mempengaruhi pemahaman politik masyarakat. Kelima faktor itu, kata dia, yakni faktor pendidikan, faktor lingkungan, jenis kelamin, keturunan, dan faktor mata pencaharian.

“Jika salah satu dari lima faktor tersebut dapat berperan aktif dimasyarakat, maka akan mempengaruhi pemahaman masyarakat terhadap politik,” ungkapnya.

Bupati Barsel Sebut Ada Lima Faktor Pengaruhi Pemahaman Politik

Masyarakat secara umum harus bisa tunjukan sikap partisipatif terhadap politik, khususnya di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 9 Desember 2020. 

Demikian dikatakan,  Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, Selasa 24 November 2020.

Berita Lainnya

Barito Selatan Wujudkan Ketahanan Pangan

1 dari 124

Menurut Bupati, ada lima faktor yang sangat dominan mempengaruhi pemahaman politik masyarakat.

Kelima faktor itu, kata dia, yakni faktor pendidikan, faktor lingkungan, jenis kelamin, keturunan, dan faktor mata pencaharian.

“Jika salah satu dari lima faktor tersebut dapat berperan aktif dimasyarakat, maka akan mempengaruhi pemahaman masyarakat terhadap politik,” ungkapnya.

Disamping lima faktor itu, tambah dia, dari segi budaya politik juga memiliki peran besar dalam memberikan pemahaman masyarakat terhadap politik.

“Sebab budaya politik merupakan sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik, dan aneka ragam bagian didalamnya,” tukasnya.

Dia berharap, agar para kaum milelial, terutama para pelajar selaku pemilih pemula dapat memiliki pemahaman secara mendasar mengenai politik. “yang jelas, kaum milenial wajib untuk mengerti dan bagaimana tata cara dalam berpolitik,” ujarnya.

Dan yang tidak kalah penting, diharapkan kepada seluruh warga masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, mencuci tangan diair mengalir menggunakan sabun, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, agar mencegah penularan Covid-19, pintanya.(yld/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya