KPU Turunkan 50 Petugas untuk Lipat Suara Pilgub Kalsel

Banjarmasin, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin memulai proses pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020 yang akan digelar pada tanggal 9 Desember mendatang, Jumat (20/11) siang.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah Mengatakan, pihaknya melibatkan sebanyak 50 petugas yang memang khusus ditugaskan untuk melipat salah satu logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kali ini.

“50 orang ini kita bagi dalam dua shift, shift siang 25 orang, shift malam 25 orang,” ucapnya pada awak media di sela memantau proses pelipatan surat suara.

Karena itu ia mengaku perlu berkoordinasi terlebih dahulu kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin. Terkait boleh tidaknya melakukan kerja pelipatan hingga malam hari.

Pasalnya, Rahmiyati menilai, Kota Banjarmasin masih belum terbebas dari pandemi Virus Corona yang masih mengintai masyarakat.

“Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu nantinya ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, hingga ke Gugus Tugas P2 Kota Banjarmasin,” jelasnya.

Untuk jumlah surat suara yang dilipat sendiri ada sebanyak lebih dari 461. 000 lembar surat suara. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan 2,5 persen surat suara cadangan.

Berita Lainnya
1 dari 1.289

Sedangkan dalam hal pengawasan pelipatan surat suara. Selain KPU sendiri yang mencari petugas pelipat, KPU juga mengawasi secara langsung pelipatan surat suara.

Rinciannya, untuk dua atau tiga orang pelipat surat suara, diawasi satu orang petugas dari KPU. Kemudian, petugas pelipat surat suara juga tidak diperkenankan membawa gawai atau smartphone ke dalam ruangan pelipatan.

“Ponsel mereka dititipkan kepada petugas yang berjaga di pintu masuk,” tukasnya.

Ia menambahkan bahwa petugas pelipat surat suara Pilgub ini akan berlanjut untuk melipat suara Pilwali Banjarmasin.

“Mereka juga akan bertugas melipat surat suara Pilwali,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Rahmadiansyah membeberkan, dalam hal pengawasan setiap harinya bakal menugaskan dua orang pengawas.

Bahkan ia juga mengatakan bakal mengerahkan pengawas dari tingkat kecamatan.

“Pengawasan memastikan KPU bekerja sesuai dengan peraturan yang ada. Bisa saja mereka kelelahan, di situasi pandemi seperti ini,” beber lelaki yang menjabat sebagai Kadiv Pengawasan Bawaslu Kota Banjarmasin itu.

Saat berita ini ditulis, diketahui surat suara Pilwali Banjarmasin juga telah tiba di Gedung Wanita Banjarmasin pada pukul 14.03 WITA.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya