Peringatan Maulid Nabi
Sukamta Senang Bisa Berkumpul Kembali Dengan Para Habaib

Pelaihari, KP – Ratusan warga larut dalam rangkaian acara haul yang kali ini sekaligus dirangkai dengan kegiatan masyarakat Desa Tanjung Dewa memperingati kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Digelaran itu, juga dibacakan manaqib atau riwayat singkat Datu Pamulutan.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Datu Pemulutan, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kamis (5/11/2020).

Penceramah dalam kegiatan tersebut didatangkan dari Martapura, Kabupaten Banjar yaitu Habib Ahmad Hanafi bin Hariri Bahasyim.

Dalam acara haul itu dibacakan riwayat singkat siapa Datu Pamulutan dan kenapa disebut sebagai seorang wali dibacakan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan.

Berita Lainnya
1 dari 273

Datu Pamulutan ternyata, bernama H Muhammad Tohir dari Kesultanan Banjar. Ia diduga pejuang sekaligus menyiarkan ilmu pengetahuan agama Islam.

Semasa hidupnya dikenal pencari burung, warga setempat kerap menyebut memulut, sehingga kerap disebut Datu Pamulutan.

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta yang berhadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan kebahagiannya karena dapat kembali berkumpul dengan para habaib, alim ulama dan para guru agama, “Sudah lama kita tidak berkumpul seperti ini karena pandemi Covid-19, semoga silaturahmi dan pembacaan maulud nabi pada hari ini mendatangkan untuk Bumi Tuntung Pandang yang kita cintai ini. Dan alhamdulillah saat ini pasien Covid-19 yang dirawat tinggal 33 orang saja,”ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa penurunan jumlah kasus virus corona di Bumi Tuntung Pandang tersebut berkat dari doa dan usaha dari pemerintah dan masyarakat Tala, lebih lanjut Sukamta mengungkapkan bahwa saat ini nelayan di pesisir Desa Tanjung Dewa dan Batakan sudah bisa membeli solar dengan harga terjangkau yaitu Rp 6 ribu.

“Sekarang sudah ada program dari pemerintah, sehingga para nelayan kita tidak takut lagi kehabisan BBM solar atau membelinya dengan harga mahal, kalau kurang bilang saja ke saya nanti saya tambah,” pungkasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya