Timbangan Pasar Karet Agung Ditera

Tanjung, KP – Sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabalong memastikan sesuai standar timbangan getah pasar karet Agung dilakukan tera.

Kegiatan tera timbangan ini dilakukan demi terciptanya jual beli yang sehat yakni jual beli yang tidak merugikan semua pihak.

Untuk kali ini, kegiatan Disperindag Kabupaten Tabalong lakukan tera timbangan di pasar karet rakyat di RT 7 kelurahan Agung, pasar karet yang berdiri sejak tahun 2.000 lalu.

Kepala Disperindag Kabupaten Tabalong Husin Ansari SE MM, menjelaskan bahwa secara umum kegiatan ini untuk memastikan semua timbangan sesuai standar. “Kalau memang ada kekurangan atau kelebihan langsung kita perbaiki, misalkan ada kerusakan dari sisi alat itu yang langsung kami perbaiki,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 194

“Alhamdulillah, program ini direspon dengan baik oleh penjual maupun pembeli,” ungkap Husin dalam kegiatan tertib timbangan hari itu.

Lebih lanjut, Husin mengatakan apabila timbangan tersebut sudah sesuai dengan standar akan di tempelkan stiker dan diberi tok tera tahun 2020. “tok tera ini berlaku untuk satu tahun,” ujarnya.

“Kami juga nantinya akan keliling ke pasar-pasar karet yang mana banyak terjadi transaksi jual beli karet rakyat, untuk melaksanakan tera ulang, dan kami juga kemarin sudah melakukan tera di pabrik” jelasnya seraya menambahkan bahwa kegiatan hari itu selain melakukan sidang tera, pihaknya juga melakukan reparasi terhadap timbangan-timbangan yang mengalami gangguan atau terjadi kerusakan dengan bekerjasama dengan Pemko Banjarmasin untuk mendatangkan petugas reparasi,” ungkap Husin.

Masih terkait penertiban pasar, Kadisperindag Tabalong yang baru saja menduduki jabatan tersebut juga bertekad akan menertibkan penggunaan asar kuliner Mabuun, yang saat ini sebagian telah beralih fungsi menjadi tempat menginap saja.

Menurut Husin di pasar kuliner itu ada sebanyak 45 kios, semula diperuntukkan untuk menjual kuliner, dan kini telah beralih fungsi.

Karena memang tidak ada perjanjian apa-apa dengan pengguna kios tersebut, jika nantinya telah terbukti beralih fungsi pihaknya akan menarik kembali kios-kios tersebut, dan akan segera dikembalikan ke fungsi semula. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya