Festival HAM Tahun 2020 di Banjarmasin Resmi Dibuka

Banjarmasin – Festival Hak Asasi Manusia Tahun 2020 yang diselenggarakan di Kota Banjarmasin resmi dibuka oleh Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia, Ahmad Taufan Damanik di Hotel Swiss Bell, Banjarmasin Tengah, Kamis 17/12/2020.

Agenda rutin yang digelar Komnas HAM tersebut kali ini menggandeng Pemerintah Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah, Kegiatan itu pun turut dihadiri oleh Pejabat setempat seperti Kepala Daerah Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Sekretaris Daerah Hamli Kursani dan para petinggi SKPD di lingkungan setempat.

Menurut, Ahmad Taufan Damanik, Festival HAM adalah acara tahunan yang memfasilitasi semua pihak dan kalangan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan pembelajaran tentang Hak Asasi Manusia oleh Pemerintah Daerah di Indonesia.

“Hal ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan penerapan HAM khususnya dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini,” katanya.

Pihaknya pun katanya dalam kesempatan itu mengundang berbagai pihak, berbagai ahli untuk memberikan pengalaman dari lokal masing-masing dan dari penjuru belahan dunia yang lain untuk dijadikan bahan pelajaran bagi seksama.

Berita Lainnya

DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

1 dari 3.594

“Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah wajib memastikan penghormatan dan perlindungan serta pemenuhan Hak Asasi Manusia kepada setiap warga,” jelasnya.

Sementara Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina memaparkan hari ini secara bersama-sama seluruh unsur kalangan peserta Festival HAM 2020 dengan Tema menegakkan HAM di masa Pandemi Covid-19, tantangan dan solusinya menyaksikan pembukaan baik secara langsung maupun virtual.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan dalam forum bersama merayakan dan menyaksikan praktik praktik baik pembangunan yang berbasis HAM di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Lebih lanjut, H Ibnu Sina mengungkapkan Banjarmasin sebagai tuan rumah tentu akan menjadi tuan rumah yang baik dan tentunya sudah dipersiapkan jauh jauh hari sejak menerima estafet dari kota Jember 2 tahun yang lalu. “mudah-mudahan tidak mengurangi makna dari perayaan Festival HAM, terimakasih,” ucapnya.

Kegiatan Festival HAM tahun 2020 tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan pengawasan yang ketat mulai dari cuci tangan, menjaga jarak, cek suhu tubuh dan menggunakan masker, Festival itu juga menerapkan pembatasan peserta yang hadir secara offline. Selain itu pembukaan Festival HAM juga dimeriahkan oleh pembicara kunci yakni dari Kepala Staff Kepresidenan, Jendral TNI purn Moeldoko secara online. (ADV/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya