KPU Banjarmasin Buka 3 Hari Masa Sanggah

Banjarmasin, KP – Setelah melalui rapat pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara untuk Tingkat Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin langsung membuka tahapan masa sanggah.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah mengatakan, tahapan tersebut ditujukan kepada paslon yang masih tidak menerima dengan hasil rapat pleno terbuka yang dilakukan pada Selasa (15/12) sore itu.

“Kita akan buka masa sanggah selama tiga hari, jadi untuk hasil suara Wali Kota ini kita tunggu apakah ada sanggahan atau gugatan atas hasil ini,” ucapnya pada awak media, Selasa (15/12) malam.

Jika selama tiga hari itu tidak ada laporan atau sanggahan, maka pihaknya akan segera mempersiapkan agenda penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin terpilih.

“Lima hari setelah selesai masa sanggah akan kita tetapkan. Jika ternyata ada sanggahan maka akan kita proses,” tukasnya.

Namun, dalam penyampaian hasil rekapitulasi jumlah perolehan suara oleh masing-masing PPK saat rapat pleno yang digelar di salah satu hotel ternama di Kota Banjarmasin ini tidak ada saksi atau perwakilan paslon yang protes.

Berita Lainnya

Srikandi Kearsipan Terus Tebarkan Aksi Peduli

1 dari 2.126

“Semua yang ada di rekap tingkat kecamatan dan kita bawa ke tingkat kota tidak ada sanggahan dari saksi masing-masing calon. Semua menerima hasilnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah perolehan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgib) Kalimantan Selatan, wanita dengan sapaan Rahmi itu menerangkan, bahwa hasil tersebut akan diserahkan kepada KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

“Untuk Gubernur dan Wakil Gubernur kita lanjutkan ke tingkat KPU Provinsi,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 2 Ibnu Sina – Arifin Noor dinyatakan unggul di lima kecamatan pada Pilkada serentak 2020.

Hal itu diketahui dari hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Banjarmasin, yang digelar di salah satu hotel berbintang.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan petahana Ibnu Sina-H Arifin Noor meraih suara sebanyak 90.980 di lima kecamatan.

Disusul paslon nomor urut 4 Hj Ananda-Mushaffa Zakir sebanyak 74.154 suara. Kemudian paslon nomor urut 1 Abdul Haris Makkie-Ilham Nor sebanyak 36.238 suara dan terakhir paslon nomor urut 3 Khairul Saleh-Habib Ali meraih 31.334 suara. (zak/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya